Rabu, 23 Juli 2014 / 25 Ramadhan 1435
NEWS TICKER
Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Dua Mayat Perempuan Penuh Luka Gemparkan Warga Perbatasan Wonogiri-Pacitan »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Dua Siswi SMK 6 Jatisrono Jadi Korban Pembunuhan Di Perbatasan »  Pelaku Pembunuhan Dua Wanita Terungkap Asal Kismantoro »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Binatang Buas Misterius Yang Memangsa Puluhan Domba, Tertangkap Mati Dibunuh Santri Bulukerto »  Hebohnya Penggerebegan Adegan Pasangan Selingkuh Di Hutan Donoloyo »  Heboh! Diduga Foto Bugil Kapolsek, Bikin Gempar Wonogiri »  Lakalantas di Plinteng Semar Wonogiri Kota, 1 Orang Tewas » 
 
Home » Kecamatan » Sistem “Bagito” Raskin Salahi Aturan
KECAMATAN

Sistem “Bagito” Raskin Salahi Aturan

Selasa, 4 Februari 2014 / 3 Rabiul Akhir 1435 - 464 Kunjungan
Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko, SE

Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko, SE

INFOWONOGIRI.CO.ID – WONOGIRIKOTA – Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko, SE menghimbau agar menghindari sistem Bagito (Bagi Roto) dalam pembagian jatah beras miskin (Raskin). Sebab sistem Bagito melanggar atau tidak sesuai Juklak dan Juknis Distribusi Raskin.

Yuli yang juga Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah di Wonogiri berharap perlu diadakan pemutakhiran data RTS-PM melalui musyawarah Desa dan Kelurahan untuk mengakomodir adanya perubahan karakteristik RTS-PM sesuai dengan ketentuan yang ada. “Untuk menghindari masalah dalam pendistribusian raskin yang masih banyak dengan sistem penyaluran Sistem Bagito (Bagi Roto),” kata Yuli Handoko.

Berdasarkan data Wonogiri dalam angka tahun 2013, jumlah keluarga miskin (pra sejahtera dan sejahtera I) sebanyak 127.885 KK atau 38,8 % dari jumlah keluarga di Wonogiri. “Sehingga presentase RTS-PM raskin sebesar 56,18 % dari jumlah keluarga miskin. Itu artinya masih ada 44,82 % belum tercover dalam data RTS-PM Raskin,” katanya. Ia berharap ada penurunan Keluarga miskin di tahun 2014 nantinya.

Jumlah Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) beras untuk masyarakat miskin (raskin) di Kabupaten Wonogiri tahun 2014 tidak mengalami perubahan dengan tahun sebelumnya. Alokasi Raskin Kabupaten Wonogiri tahun 2014 yakni 70.569 RTS-PM. Atau total kuantum raskin mencapai 12.702.420 kg. “Berdasarkan data verifikasi yang dilakukan PPLS 2011 seperti itu,” ungkap Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kabupaten Wonogiri Drs. Stefanus Pranowo , M.Si dalam evaluasi Raskin 2013 dan pelaksanaan Raskin 2014 di Ruang Data Setda Wonogiri, Selasa (4/2).

Stefanus meminta tiga  Kecamatan yakni Kecamatan Wonogiri, Kecamatan Batuwarno, dan Kecamatan Giriwoyo untuk mencermati kembali data RTS-PM nya karena ada nama RTS-PM yang kosong. “Ada empat nama RTS-PM yang kosong di tiga Kecamatan itu. Harapan kami segera dilakukan pendataan ulang nama warga yang harus diganti, dan diputuskan penggantinya melalui musyawarah desa.”

Sementara pendistribusian raskin untuk RTS-PM masih tetap sama dengan tahun sebelumnya. Setiap RTS-PM menerima 15 kilogram dengan harga tebus raskin sebesar Rp 1.600 per kilogram di titik distribusi. “Tahun 2014 ini, Raskin dibagikan selama 12 bulan. Kalau tahun kemarin ada Raskin regular yakni selama 12 bulan, dan ada raskin tambahan sebanyak tiga kali atau Raskin ke-13,14, dan 15. Raskin tambahan tahun kemarin dibagikan karena ada penurunan harga beli masyarakat akibat kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak).” (N420)

Posting Terkait

Comment

Your email will not be displayed.


*