Jumat, 25 Juli 2014 / 27 Ramadhan 1435
NEWS TICKER
Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Dua Mayat Perempuan Penuh Luka Gemparkan Warga Perbatasan Wonogiri-Pacitan »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Dua Siswi SMK 6 Jatisrono Jadi Korban Pembunuhan Di Perbatasan »  Pelaku Pembunuhan Dua Wanita Terungkap Asal Kismantoro »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Binatang Buas Misterius Yang Memangsa Puluhan Domba, Tertangkap Mati Dibunuh Santri Bulukerto »  Hebohnya Penggerebegan Adegan Pasangan Selingkuh Di Hutan Donoloyo »  Heboh! Diduga Foto Bugil Kapolsek, Bikin Gempar Wonogiri »  Lakalantas di Plinteng Semar Wonogiri Kota, 1 Orang Tewas » 
 
Home » HARI JADI WONOGIRI KE 272 » Potensi Kecamatan Giritontro
HARI JADI WONOGIRI KE 272

Potensi Kecamatan Giritontro

Rabu, 23 Mei 2012 / 2 Rajab 1433 - 459 Kunjungan

Salah Satu Potensi Alam Kecamatan Giritontro | Foto : Fitri

infowonogiri.com -WONOGIRI – Jum”at 18 Mei 2012 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Wonogiri yang ke 271, diadakan Gelar Potensi Daerah Kabupaten Wonogiri di Gedung Giri Cahaya. Terdapat 25 kecamatan yang mengikuti acara tersebut, salah satunya adalah Kecamatan Giritontro.

Meskipun stand pamerannya kecil tapi tetap menarik perhatian pengunjung pameran, yang banyak dibeli pengunjung adalah gula kelapa sebagai hasil olahan nira kelapa asli dari Giritontro. Gula kelapa ini dijual dengan harga 15ribu per kilogram dan telah habis terjual siang ini, seperti yang di ungkapkan Taufik.

Giritontro terkenal sebagai penghasil kopra yaitu kelapa yang dikeringkan sebagai bahan utama pembuatan minayk kelapa. Sayangnya karena keterbatasan alat masyarkat Giritontro belum bisa mengolah sendiri kopra tersebut menjadi minyakn padahal harganya jauh lebih tinggi jika telah menjadi minyak kelapa.

Proses pembuatan kopra pun masih sangat tradisioanal, proses pengeringannya masih bergantung pada sinar matahari. Hasil Kopra ini dipasarkan di Wonogiri dan sekitarnya sampai dengan Solo.

Selain terkenal dengan kopranya, Giritontro juga terkenal dengan hasil kerajinan tanganya baik berupa anyaman seperti tas, capil juga hasil kerajianan tangan berupa sangkar burung.[fitri@infowonogiri.com]

Incoming search terms:

Posting Terkait

Comment

Your email will not be displayed.


*