Jumat, 11 Juli 2014 / 13 Ramadhan 1435
NEWS TICKER
Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Dua Mayat Perempuan Penuh Luka Gemparkan Warga Perbatasan Wonogiri-Pacitan »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Dua Siswi SMK 6 Jatisrono Jadi Korban Pembunuhan Di Perbatasan »  Pelaku Pembunuhan Dua Wanita Terungkap Asal Kismantoro »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Binatang Buas Misterius Yang Memangsa Puluhan Domba, Tertangkap Mati Dibunuh Santri Bulukerto »  Hebohnya Penggerebegan Adegan Pasangan Selingkuh Di Hutan Donoloyo »  Heboh! Diduga Foto Bugil Kapolsek, Bikin Gempar Wonogiri »  Lakalantas di Plinteng Semar Wonogiri Kota, 1 Orang Tewas » 
 
Home » News » Pentas Wayang Sembilan Dalang Meriahkan HUT PDI-Perjuangan ke 40 Tahun
NEWS

Pentas Wayang Sembilan Dalang Meriahkan HUT PDI-Perjuangan ke 40 Tahun

Sabtu, 9 Februari 2013 / 28 Rabiul Uula 1434 - 395 Kunjungan
Ki Begug Poernomosidi

Ki Begug Poernomosidi

infowonogiri.com – WONOGIRI-Malam ini, Jumat (8/2/13) alun alun Giri Krida Bakti tampak sangat meriah dan nyaris didominasi oleh warna merah. Suasana kian cerah dengan seting panggung dan pencahaayan yang cukup terang.

Mendung hitam bersama malam nyaris tak terasa. Hujan pun seperti sengaja enggan turun. Kian malam alun-alun tengah kota kian padat pengunjung. Mereka ingin menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan lakon Sesaji Rojo Suyo. Lakon tersebut dibawakan oleh sembilan dalang yang tampil secara bergantian. Ke sembilan dalang itu adalah Ki Begug Poernomosidi, Ki Widodo Wilis, Ki Eko Sunarsono, Ki Sigit Mursito, Nyi Wilan Panjang Mas, Ki Anjat Sutrisno, Ki Surat, Ki Slamet, Ki Narto Wiyono. Pentas wayang ini memajang klir dengan panjang sekitar 40 meter.

Diklaim sebagai terpanjang dalam pementasan wayang selama ini. Didukung dengan 40 waranggana dan 26 penabuh gamelan. Serta menampilkan peraih juara pertama Sinden Idol Nasional 2012. Pagelaran wayang kulit ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT PDI-Perjuangan ke 40 tahun. Acara seremonial diawali dengan ritual tari bedoya yang membawa aneka macam bijian bijian hasil bumi, sebagai perlambang kemakmuran. Biji bijian itu diberikan oleh Begug Poernomosidi kepada Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Wonogiri, Joko Sutopo alias Jekek.

Selanjutnya pentas wayang dimulai. Ratusan penonton yang mayoritas mengenakan pakaian berwarna merah dan hitam tampak paling banyak memadati kursi yang disediakan panitia. Sementara sebagaian lain menyaksikan dari belakang terob dan di luar terob. Trotoar dan jalan jalan yang mengelilingi alun alun tampak penuh penonton. Pedagagang kaki lima tak ketinggalan turut menyemarakkan suasana. Mereka menunggu bintang tamu pelawak asal Jawa Timur Kirun dan Gogon CS.[bagus]

Related Post

Comment

Your email will not be displayed.


*