Jumat, 1 Agustus 2014 / 4 Syawal 1435
NEWS TICKER
Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Dua Mayat Perempuan Penuh Luka Gemparkan Warga Perbatasan Wonogiri-Pacitan »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Dua Siswi SMK 6 Jatisrono Jadi Korban Pembunuhan Di Perbatasan »  Pelaku Pembunuhan Dua Wanita Terungkap Asal Kismantoro »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Binatang Buas Misterius Yang Memangsa Puluhan Domba, Tertangkap Mati Dibunuh Santri Bulukerto »  Hebohnya Penggerebegan Adegan Pasangan Selingkuh Di Hutan Donoloyo »  Heboh! Diduga Foto Bugil Kapolsek, Bikin Gempar Wonogiri »  Lakalantas di Plinteng Semar Wonogiri Kota, 1 Orang Tewas » 
 
Home » Komunitas » Mesin Pompa Air Hemat Energi Modifikasi Petani Eromoko
KOMUNITAS

Mesin Pompa Air Hemat Energi Modifikasi Petani Eromoko

Sabtu, 14 April 2012 / 22 Jamadil Uula 1433 - 2166 Kunjungan

infowonogiri.com-EROMOKO-Kelompok Petani “Ngudi Makmur” Desa Sumberharjo Kecamatan Eromoko berhasil memodifikasi mesin pompa air hemat energi. Mesin pompa air tersebut dimodifikasi dari awalnya berbahan bakar minyak (BBM) Premium dirubah menjadi berbahan bakar gas (BBG).

Mesin pompa air hasil modifikasi itu, Sabtu (14/4) dipamerkan pada acara Rapat Kerja (Raker) dan Seminar Nasional dengan materi Peran Penyuluh Dalam Rangka Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri.

Acara itu dihadiri oleh Petugas Penyuluh lapangan Se Kabupaten sekira 203 orang, PPL se-eks Karisedenan Surakarta, Kepala Pusat Penyuluh dari Jakarta, Bupati Wonogiri, DPRD Wonogiri, Dinas/Instansi terkait dan tamu undangan, serta kelompok petani se-Wonogiri.

Agung Kushartoyo PPL Kecamatan Eromoko mewakili Kelompok Petani “Ngudi Makmur” mengemukakan, bahwa mesin pompa air tersebut setelah dimodifikasi dari BBM ke BBG menjadikan irit bahan bakar. Lebih murah dan lebih praktis dan efisien.

Perbandingannya ketika masih menggunakan BBM premium mesin pompa air itu membutuhkan 10 liter BBM Premium untuk memompa air selama waktu 10 jam. Namun setelah dimodifikasi  dengan BBG cukup menggunakan satu tabung elpigi.

Jika dikalkulasi, harga BBM 10 liter sama dengan Rp.45 ribu per 10 jam. Sedangkan harga 1 tabung elpiji 3kg Rp.13 ribu. Maka dapat menghemat sekitar 71% atau sebanyak Rp.32 ribu dibandingkan dengan menggunakan BBM. Menurut Agung, daya hisap dan daya hantar mesin pompa air hasil modifikasi tersebut juga lebih kuat dari pada sebelum dimodifikasi.

Perbandingannya mesin pompa air menggunakan BBG mampu mengeluarkan daya hisap dan daya hantar 400 M. Sedangkan mesin pompa air menggunakan BBM daya hisap dan daya hantarnya hanya mampu mencapai 200 M.

Mau tahu rahasianya, mesin pompa air tersebut sesungguhnya tidak dirombak secara total. Melainkan hanya dimodifikasi pada bagian karburasinya. Yaitu dengan dibuatkan lubang untuk memasang selang langsung ke karburasi. Gunanya untuk menyalurkan BBG ke karburasi. “Selang tersebut bahkan diambilkan dari selang transfusi darah,” ujar Agung cah Selogiri itu.  (bagus@infowonogiri.com)

Incoming search terms:

Posting Terkait

Comment

Your email will not be displayed.


*