Kamis, 24 Juli 2014 / 26 Ramadhan 1435
NEWS TICKER
Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Dua Mayat Perempuan Penuh Luka Gemparkan Warga Perbatasan Wonogiri-Pacitan »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Dua Siswi SMK 6 Jatisrono Jadi Korban Pembunuhan Di Perbatasan »  Pelaku Pembunuhan Dua Wanita Terungkap Asal Kismantoro »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Binatang Buas Misterius Yang Memangsa Puluhan Domba, Tertangkap Mati Dibunuh Santri Bulukerto »  Hebohnya Penggerebegan Adegan Pasangan Selingkuh Di Hutan Donoloyo »  Heboh! Diduga Foto Bugil Kapolsek, Bikin Gempar Wonogiri »  Lakalantas di Plinteng Semar Wonogiri Kota, 1 Orang Tewas » 
 
Home » Wonogiri Hari Ini » Apusda Butuh Ribuan Pustakawan
WONOGIRI HARI INI

Apusda Butuh Ribuan Pustakawan

Rabu, 20 Februari 2013 / 9 Rabiul Akhir 1434 - 305 Kunjungan

apusdainfowonogiri.com – WONOGIRI – Mau jadi pustkawan?. Pemerintah Kabupaten Wonogiri masih mengalami kekurangan pustakawan mencapai ribuan orang. Diketahui dari hasil pendaataan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) di Kabupaten Wonogiri terdapat jumlah perpustakaan mencapai ribuan.

Paling tidak jika disesuaikan dengan data jumlah sekolah SD, SMP dan SMA maka jumlah pepustakaan mencapai 1000 lebih perpustakaan sekolah. Ditambah 294 perpustakaan Desa/Kelurahan dan 50 Perpustakaan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan dan Kantor Camat.
“Itu belum termasuk perpustakaan milik Dinas dan kantor swasta. Idealnya satu perpustakaan mempunyai satu pustakawan. Berarti kami masih kekurangan ribuan pustakawan. Termasuk kekurangan di perpustakaan daerah (perpusda), ” kata Kepala Kantor Arpusda Wonogiri, Suradi.Sementara ini perpustakaan di kabupaten Wonogiri hanya dikelola oleh tenaga bukan pustakawan. Sebagian banyak perpustakaan hanya dikelola oleh guru pengajar atau tenaga Tata Usaha. Semestinya pustakawan dikelola oleh petugas khusus, yakni sarjana atau minimal Pustakawan.

ironisnya, Kantor Perpustakaan milik Arpusda sendiri kosong, tampa petugas pustakawan. Terpaksa saat ini hanya dijaga oleh staf. “Staff itu memiliki latar belakang pendidikan pustakawan, akan tetapi belum mempunyai SK sebagai pustakawan,” tutur Suradi.

Solusinya, Suradi kini mengupayakan untuk mengajukan penerimaan calon tenaga pustkawan pada penerimaan pegawai negeri di waktu mendatang. Tahun lalu dan tahun ini, Suradi mengaku pernah mengajukan permohonan yang sama, namun belum dikabulkan karena Pemda kesulitan duit.

Di sisi lain, koleksi buku di Perpustakaan Arpusda minim. Karena selama ini tidak ada anggaran untuk pengadaan buku di Perpusda. Tahun 2012, teranggarkan bantuan 5 desa, masing-masing 10 juta. Tahun 2013 kemungkinan juga baru bisa menganggarkan 5 desa.[bagus]

Posting Terkait

Comment

Your email will not be displayed.


*