Sabtu, 2 Agustus 2014 / 5 Syawal 1435
NEWS TICKER
Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Dua Mayat Perempuan Penuh Luka Gemparkan Warga Perbatasan Wonogiri-Pacitan »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Dua Siswi SMK 6 Jatisrono Jadi Korban Pembunuhan Di Perbatasan »  Pelaku Pembunuhan Dua Wanita Terungkap Asal Kismantoro »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Binatang Buas Misterius Yang Memangsa Puluhan Domba, Tertangkap Mati Dibunuh Santri Bulukerto »  Hebohnya Penggerebegan Adegan Pasangan Selingkuh Di Hutan Donoloyo »  Heboh! Diduga Foto Bugil Kapolsek, Bikin Gempar Wonogiri »  Lakalantas di Plinteng Semar Wonogiri Kota, 1 Orang Tewas » 
 
Home » News » 40 % Penduduk Wonogiri Akses Air Minum Dan Sanitasi Tak Layak
NEWS

40 % Penduduk Wonogiri Akses Air Minum Dan Sanitasi Tak Layak

Jumat, 11 November 2011 / 14 Djulhijjah 1432 - 400 Kunjungan

infowonogiri.com-WONOGIRI–Ditinjau dari sebaran desa-kota, di Kabupaten Wonogiri tahun 2010, penduduk perdesaan yang mengakses air minum layak baru mencapai sekitar 53,51 %. Sedangkan penduduk perkotaan yang telah mengakses air minum layak mencapai 77,83%.

Sementara, penduduk Wonogiri di perdesaan yang telah mengakses sanitasi layak sekitar 63,30%. Dan, penduduk perkotaan yang sudah mengakses sanitasi layak mencapai 79,59%.

Dari jumlah penduduk Wonogiri yang ada, baru 60% penduduknya yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang layak. Hal ini terungkap saat lokakarya expose Rencana Aksi Daerah-Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL) di Graha Bappeda, Kamis (10/11).

Kepala Bappeda Wonogiri Drs Haryono, MM mengemukakan bahwa RAD-AMPL merupakan dokumen rencana pengembangan kapasitas daerah dalam penyediaan air minum dan penyehatan lingkungan untuk periode 5 tahun (tahun 2011-2015).

Sebab penyediaan air minum dan sanitasi merupakan urusan wajib dan prioritas Pemkab. Tetapi hal ini justru jarang dikemukakan ke tingkat publik. “Pemerintah memberikan pelayanan air minum dan penyehatan lingkungan melalui program Pamsismas,” katanya.

RAD-AMPL nantinya juga memuat kondisi umum pembangunan AMPL daerah, permasalahan dan tantangan yang dihadapi, rancangan arah kebijakan, strategi, dan program-program prioritas bagi percepatan pencapaian target AMPL, beserta mekanisme pemantauan dan evaluasinya.

Penyusunan RAD-AMPL ini sejalan dengan penyusunan Rencana Aksi Daerah Percepatan Pencapaian Tujuan Millennium Development Goals (RAD-MDGs). “Perlu strategi khusus untuk memenuhi kecukupan air berkualitas. Karena kenyataannya, masyarakat mendapat air bersih semakin susah,” lanjutnya. (nono@infowonogiri.com)

Posting Terkait

Comment

Your email will not be displayed.


*