Diluncurkan Lembaga Konsultasi & Bantuan Hukum di Wonogiri

0 212

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Advokat dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Dr Yovita Arie Mangesti SH MH, menyatakan hukum bukanlah hal yang menakutkan.
Yovita menyebutkan keberadaan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) atau Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) atau sejenisnya, diharapkan bisa menjembatani kesenjangan yang dirasakan masyarakat.

“Bicara hukum kini bukan hal yang menakutkan,” kata Yovita dalam Diskusi Ilmiah Peran Perguruan Tinggi dalam Pelayanan Bantuan Hukum Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (Staimas) Wonogiri, Sabtu (24/11).

Kepala LKBH Staimas, Adhimas SH MH, menyebutkan LKBH Staimas adalah yang pertama kali ada dan didirikan di kampus di Wonogiri.

“LKBH ini untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat umum dan khususnya untuk perlindungan korban perempuan dan anak anak di Wonogiri,” ujar lelaki yang biasa disapa Dimas itu.

LBKH Staimas akan melaksanakan yaitu kegiata sosial di bidang kemanusiaan.Di antaranya mendirikan pos bantuan hukum (posbantum), kerjasama dengan lembaga dan instansi, LBH Staimas juga penyelenggaraan pendidikan Siyasah Syariah di Wonogiri serta menjadi tempat magang, penyuluhan hukum dan berperan aktif sesuai undang-undang.

Waket I Staimas, Sugiyanto SE MS, mengemukakan ada beberapa kasus yang menimpa orang tidak mampu dan mereka hanya bisa pasrah.
“Kami berikan ruang seluas-luasnya untuk konsultasi atau yang memerlukan bantuan hukum,” ujar Sugiyanto.

Ketua Staimas, Dr Bramastia MPd, merasa bersyukur karena kehadiran LKBH Staimas disambut dengan baik.
“Kami berharap peran perguruan tinggi memberikan satu kemanfaatan di bidang hukum. Ke depan bagaimana LKBH Staimas bisa mempunyai peran-peran melakukan advokasi kepada masyarakat secara khusus. Sasarannya keberpihakan kepada masyarakat miskin yang memiliki keterbatasan di bidang hukum dan masalah-masalah hukum,” papar Bramastia. (rill/iw)