Forum Keserasian Sosial Ciptakan Suasana Kondusif

0 138
Forum Keserasian Sosial Karya Emas | Foto Istimewa

INFOWONOGIRI.COM – KOTA – Pemahaman sepotong-sepotong mengenai sesuatu akan mudah disusupi oleh paham-paham radikal. Kondisi itu bisa dimanfaatkan pihak terntentu yang berkepentingan untuk memecah belah bangsa.

Menurut Rini Widarti, Kasi Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Wonogiri mengatakan, paham radikal juga mudah menyusup ketika bangsa dalam keadaan terpecah-belah.

“Pihak-pihak yang berkepentingan memecah belah bangsa itu menyasar orang-orang yang hanya memahami sepotong-sepotong,” katanya saat menjadi pemateri sarasehan sosial Mencegah Radikalisme Berbasis Kekerasan di Tengah Masyarakat di aula Yayasan Karya Emas Center, Pokoh, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Sabtu (27/10/18).

Karenanya perlu dilakukan pencegahan konflik sedini mungkin dengan cara mewujudkan keharmonisan sosial. Salah satunya dengan membentuk forum keserasian sosial sebagai wadah warga untuk berkoordinasi dan mencegah konflik sedini mungkin.

“Forum Keserasian Sosial Karya Emas merupakan yang pertama kali di Wonogiri. Kami berharap forum itu dapat memberi contoh dengan mengadakan kegiatan yang berkelanjutan,” harapnya.

Ketua Forum Keserasian Sosial Karya Emas Novianto Dermawan didampingi Pendamping Keserasian Sosial Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Wonogri Aprilia Tami Yunianti menerangkan, forum tersebut dibentuk guna mengurangi konflik di masyarakat, seperti tawuran, perselisihan dan bencana sosial. “Anggota forum juga bisa berasal dari berbagai elemen dan organisasi kemasyarakatan,” terang Novianto.

Di sisi lain, Kementerian Sosial (Kemensos) sedang membangun gedung serba guna untuk menggelar berbagai kegiatan sosial, pengembangan seni budaya, pelatihan keterampilan, kegiatan PKK, dan berbagai kegiatan masyarakat lainnya. Gedung yang dibangun di jalan Cempaka VI RT2 RW4 Pokoh, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri itu telah selesai 60%. (rill/iw)