Pisang Karbitan Bikin Apes, Meledak Rumah Terbakar

0 235

INFOWONOGIRI.COM-SIDOHARJO-Pak Sarmo (60th) adalah seorang petani utun tur nDeso. Dia tiggal di Desa bersama Sri Mulyati (55th) di Dusun Sambeng Rt 01/04 Desa Widoro Kecamatan Sidoharjo.

Pengalaman bertaninya sudah lumayan lama. Bisa diadu dengan tetangganya. Namun kalau sedang apes, tidak ada satupun yang bisa menolong. Seperti ketika rumahnya terbakar. Apesnya rumah terbakar gara gara ulah dia sendiri yang lalai.

Peristiwa kebakaran terjadi Sabtu (7/7/18) 01.00 WIB. Bertepatan dengan jadwal siaran langsung piala dunia antara tim Brazil vs Belgia. Sehari sebelumnya, Jumat (6/7) pukul 15.00 Wib Sarno memetik pisang, karena terlihat tua.

Gara gara ingin pisangnya cepat masak (matang), Sarmo men-karbitnya. Dibungkus dengan plastic bekas kemasan pupuk urea. Lalu dimasukkan karbit. Dengan harapan dalam hitungan hari pisang sudah masak. Sehingga bisa segera dinikmasti hasilnya, dijual ke pasar, atau dinikmasi bersama keluarganya.

Ternyata Allah berkehendak lain. Plastik isi pisang karbitan meledak mengeluarkan percikan api dan membakar tumpukan tumpukan kayu bahan membangun rumah. Api membakar dapur dan jerami kering dan atap dapur.

Kapolsek Sidoharjo AKP H. Sumitro mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Roberto Pardede menyatakan kejadian itu tidak menimbuklan korban jiwa. “Hanya kerugian materi Rp.55juta ,” katanya. (baguss)