Pencalegan Terancam Batal Karena Sekolah Bubar

0 222
Sosialisasi Penaftaran Bacaleg di KPUD Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-WONOGIRI-Memasuki tahapan pendaftaran DPR RI, DPRD I, DPRD II Kabupaten/Kota bakal calon legislatif (Bacaleg) disibukan dengan berbagai persyaratan birokrasi yang harus dipenuhi.

Salah satunya setiap bacaleg harus menyertakan foto kopi ijasah terakhir dilegalisir yang digunakan untuk mendaftar. Manakala sekolah almamater yang bersangkutan sudah bubar alias sudah tidak ada.

Seperti dialami oleh seseorang bacaleg Partai Perindo. Dia berencana akan mendaftarkan sebagai Bacaleg DPRD II Kabupaten Wonogiri. Namun sekolah asal dia, yaitu SMA Gajah Mungkur Wuryantoro telah bubar atau tidak beroperasi.

Upaya yang dilakukan dia (tidak mau disebutkan namanya), adalah menghubungi mantan guru kelas/wali kelas dan kepala sekolahnya. Ternyata guru/wali kelasnya telah meninggal dunia. Ternyata mantan Kaseknya juga sedang sakit (gejala stroke). Dari mantan Kasek itu, diperoleh saran agar ke Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri.

Ternyata Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, tidak berkenan memberikan legalisir. Alasanya karena, kewenangan legalisasi ijasah SMA menjadi ranah Dinas Pendidikan Provinsi Jateng. Solusinya? (baguss)
Bersambung artikel terkait (Ini saran Dinas Pendidikan Kabupaten). Ini Saran KPUD Wonogiri soal SMA bubar (baguss)