Pemudik Gratis Disambut Makan Malam

0 233
Suasana di Terminal Induk Giri Adi Pura Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wonogiri menyediakan 43 unit bus untuk modik gratis hari Raya Idul Fitri 1439 H. Program mudik gratis itu akan dilaksanakan Minggu (10/6).Pemberangkatan dari 10 titik/terminal di Jabodetabek (Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri H. Ismiyanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Transportasi Sarana dan Prasarana (ATSP) Sudarno mengatakan, jumlah armada mudik gratis tahun ini lebih banyak dibandingkan setahun lalu. “Tahun lalu bus mudik gratis ada 40 unit. Tahun ini menjadi 43 unit, dengan kapasitas penumpang 1809 orang,” kata Sudarno.

Rencana, bus akan diberangkatkan pukul 07.00 Wib dari Jabodetabek. Antara lain dari Karawang, Tambun, Cikarang, Pasar  Kemis, Penjaringan, Tanjung Duren, Bintaro, Pasar Rebo, Bogor dan Depok. Diperkirakan sampai Wonogiri pukul 21.00 Wib. Pemudik gratis akan disambut makan malam bersama Bupati Wonogiri di Pendopo Kabupaten.

Suasana di Terminal Induk Giri Adi Pura Wonogiri

Ditambahkan Sudarno, mudik gratis akan menggunakan bus PO/PT Surya Harum Mandiri dari Bandung. PO tersebut wajib melaksanakan program mudik gratis setelah dinyatakan menang lelang seharga Rp.668.650.000 untuk 43 bus. Sudarno menjamin semua bus laik jalan.

Karena telah memenuhi spek. Bus ber-AC, Sit 42 perbis, tahun pembuatan rata-rata dibawah 2010-2015 kelasnya, sedang, di atas ekonomi. Bahkan ada yang keluaran 2016. “PO lokal Wonogiri sudah diberi peluang. Tapi tidak ada yang memenuhi syarat. Antara lain, syaratnya harus punya banyak armada dan muda,” katanya. (baguss)