Ini Konsep Pesantren Ramadhan di Eromoko

0 119

INFOWONOGIRI.COM-EROMOKO-Tidak seperti hari-hari sebelumnya, siang itu suasana Masjid At Taqwa di Dusun Bulu Desa Baleharjo Kecamatan Eromoko Wonogiri terlihat ramai oleh kegiatan anak-anak, Jumat (1/6/2018).

Mereka antusias mengikuti kegiatan mendongeng yang disampaikan oleh Kak Tama. Sesekali mereka tertawa lepas dan larut dalam dongeng. Itulah gambaran suasana pesantren ramadhan yang diikuti oleh 40 santri Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Hidayah dari usia KB/TK sampai tingkat SMP.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dan bertepatan dengan libur akhir pekan, Jumat – Minggu (1-3/6/2018). Para santri mendapat materi beragam. Meliputi pengenalan organisasi Muhammadiyah, praktik ibadah, mendongeng, tajwid, dan leadership.

Untuk materi tambahan di jeda istirahat, para santri diarahkan untuk banyak membaca buku di taman bacaan di masjid. Setiap sore pesantren ramadhan ini juga mengadakan buka bersama dilanjutkan salat tarawih berjamaah di masjid.

Kegiatan yang baru pertama kali dilakukan pada tahun ini mendapatkan respon positif masyarakat. Mereka merasa senang karena anak-anak mendapatkan kesempatan untuk mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Anak saya yang baru TK B, bersemangat mengikuti kegiatan ini karena dikonsep dengan menyenangkan. Kegiatan ini juga sangat bagus untuk melatih kemandirian dan karakter yang positif bagi anak” kata Nuryati.

Panitia pelaksana kegiatan, Dwi Suswatiningsih tidak dapat menyembunyikan rasa bahagia karena kegiatan ini didukungan penuh masyarakat dan pimpinan Muhammadiyah. “Saya bersyukur kegiatan ini berlangsung relatif sukses, nantinya akan ada evaluasi untuk pematangan konsep kegiatan yang rencananya akan kami laksanakan setiap memasuki bulan Ramadhan”, ungkapnya di sela-sela acara.

 

Disampaikan tujuan kegiatan ini untuk menanamkan jiwa kepemimpinan bagi santri. Mereka harus bertanggung jawab terhadap ketertiban dan penyelesaian tugas di kelompoknya masing-masing.

Joko Santosa, pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Eromoko juga menyambut positif kegiatan itu. “Kami atas nama pengurus PCM sangat bangga kegiatan ini bisa berlangsung atas inisiatif dari kader Muhammadiyah yang berkiprah di masyarakat”, ungkap pria yang sehari-hari bekerja sebagai pegawai KUA Eromoko ini. Ia menambahkan bahwa pesantren ramadhan yang sudah dilaksanakan ini diharapkan bisa menjadi contoh untuk masjid-masjid lainnya.( N 420 )