Pak Guru Cabul Dituntut 14Th & Denda Rp 60 Juta

0 330
Oknum guru itu berinisial S alias R

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Guru olahraga yang menjai terdakwa kasus tindak pidana pecabulan terhadap 33 anak dituntut penjara 14 tahun, dan membayar denda uang Rp.60 juta.

Jika tidak mampu membayar denda maka terdakwa wajib menjalani kurungan pengganti denda 6 bulan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) meyakini Suratno terbukti melanggar pasal 81 ayat (3) juncto Pasal 76D UU No 17/2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No. 1/2016 mengenai perubahan kedua atas UU No. 23/2002 tentang Perlindungan Anak.

Dakwaan pertama pasal 81 mengatur persetubuhan terhadap anak. Dakwaan kedua pasal 82 ayat (2) juncto Pasal 76E UU yang sama. Pasal tersebut mengatur tentang perbuatan cabul terhadap anak. Terdakwa melakukan perbuatan itu sedikitnya 33 korban.

“Diantaranya ada yang disetubuhi, ada pula yang dicabuli,” kata Kasi Pidana Umum (Pidum) Bagyo Mulyono, sesuai usai sidang di Kantor PN Wonogiri.

Dilakukan kurun waktu 2016–2017. Jumlah korban 33 anak usia antara 10th–12th, siswa kelas III, IV, V, dan VI di dua SD yang berbeda. Kasus terungkap akhir 2017 silam. Modusnya, guru warga Gondang Manis, itu mengajarkan praktek kayang, nafas buatan, bisikan berantai dan kuda-kuda beladiri.

Agendanya pembacaan Pledoi Selasa (22/5) mendatang. berlangsung tertutup. Penasehat hukum terdakwa Ganis tidak memberikan keterangan.

Sebelum sidang, Suratno tidak memberikan keterangan. “Istri saya pergi. Saya kangen anak-anak. Anak saya sudah gak kuliah. Keluar, tidak punya biaya,” kata Ratno sambil menangis. Kemudian Suratno meminta tolong wartawan untuk memanggilkan pengacaranya. (baguss)