Dialog Sambut Romadhan, Agama Takperlu Dirukunkan

0 95


INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Dalam rangka menyambut Puasa Romahan, Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) menggelar dialog bertema “Menjaga Ukhuwah Bangsa”.

Dialog digelar Selasa (8/5/18) di aula Kampus STAIMAS Jl Cempaka VI Pokoh Wonoboyo Wonogiri.

Hadir sebagai narasumber perwakilan MUI Kabupaten Wonogiri H. Ali Yatiman, Wakil Kakemenag Wonogiri Haryadi, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama H. Soetopo Broto dan sebagai tuan rumah Hj. Endang Maria Astuti.

Dialog dipandu Ketua STAIMAS DR Bramastia MPd. Acara itu dihadiri undangan toga/tomas di Kabupaten Wonogiri, serta mahasiswa STAIMAS.


Sebelum dialog digelar, terlebih dahulu diayangkan profile TAIMAS Wonogiri dengan dipandu Beny Nur Cahyo Dosen mewakili Civitas Akademika kampus asli Wonogiri.
Ali Yatiman sangat berharap dengan berdirinya kampus berbasis agama Islam, diharapkan melahirkan cendekia yang memahami islam secara sempurna.

Pada masa puluhan tahun silam, Wonogiri sering dicibir oleh daerah lain, karena ianggap kemampuan dan pemahanan terhaap ilmu agama islam sangat rendah. “Wonogiri isone ngopo. Moco Quran wae ora iso apalagi Qirotul Kutub,” kata Ali Yatiman menirukan teman dari Kabupaten lain, pada suatu ketika.
Namun Ali Yatiman selalu mengkonter, dengan menunjukan wakil dari Wonogiri tiak serendah yang mereka kira. Seiring perkembangan jaman, islam di Wonogiri makin maju. Lembaga pendiikan agama, ponpes, dan syiarnya makin maju. Jika SDM-nya bagus maka akan tercipta ukhuwah islamiyah dan ukhuwah kebangsaan.

Sementara Soetopo Broto memaparkan tugas dan tanggungjawab FKUB. FKUB adalah tanggungjawab kepala daerah Gubernur dan Bupati serta toga Tomas. Prinsip, FKUB adalah merukunkan umat beragama, bukan menyatukan agama.

Sedangkan Haryadi meyakini bahwa perbedaan agama, golongan tidak perlu dipersoalkan. Dalam hal-hal tertentu, menurut Haryadi, golongan islam bisa dipersatukan.
Seusai dialog, dideklarasikan dengan menandatangani “prasasti” ukhuwah kebangsaan yang telah disiapkan panitia. (baguss)