Mantan Kades dan Dosen Diduga Terlibat Pemalsuan Ijasah

0 640

INFOWONOGIRI.COM-PRACIMANTORO-Satreskrim Polres Wonogiri mengungkap kasus tindak pidana pemalsuan ijazah SMP dan SMA atas nama Kasmo yang digunakan mendaftar sebagai Perangkat Desa di Kelurahan Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro. Perbuatan itu terindikasi melanggar pasal 264 KUHPidana.

Tidak tanggung-tanggung, orang yang diduga terlibat adalah mantan Kepala Desa, pernah menjadi Dosen Hukum di perguruan tinggi swasta.Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Perdede SH.SIK melalui Kasatreskrim AKP Muhammad Kariri SH.MHmenerima laporan Rabu (7/3/18). Kejadian Rabu (13/12/17) di Dusun Sumur Desa Suci Kec. Pracimantoro. Pelapor Misdi alamat Pendem Rt 01 Rw 02 Desa Gambirmanis.

Pelaku Kasmo alias Gareng (42th) pendidikan terakhir SD alamat Bakalan Rt 01 Rw 14 Desa Gambirmanis. Herunowo S.H (53) pendidikan Sarjana, alamat Trukan Rt 01 Rw 01 Desa Trukan. Jiman (50) pendidikan SD alamat Dusun Duwet Rt 04 Rw 13 Desa Suci.

Saksi Suyatno dan Warsino keduanya alamat Bakalan Rt 01 Rw 14 Desa Gambirmanis. Ceritanya Rabu (13/12/17) sekira pukul 10.30 Wib, pelapor perjalanan ke Giribelah Kecamatan Giritontro sampai di Dusun Sumur Desa Suci, di Jl Raya, menemukan dua lembar kertas foto copy ijazah.

Yaitu ijazah SMPN 2 Grobogan dan ijazah SMA PGRI Purwodadi atas nama Kasmo. Selanjutnya curiga karena tulisan di foto copy ijazah tersebut sama. Pelapor menemui Suyatno dan memperoleh informasi bahwa Kasmo belum pernah sekolah SMP dan SMA.

Senin (18/12/17) pelapor bersama Suyatno dan Warsino ke SMPN 2 Grobogan dan SMA PGRI Purwodadi. Kedua sekolahan tersebut menyatakan belum pernah ada murid atas nama Kasmo dengan nomor induk sesuai ijazah itu. Juga belum pernah ada nama Kasek seperti tertera di ijazah itu. “Tiga orang resmi jadi tersangka dan sudah ditahan,” kata Kasatreskrim.

Ketiga tersangka tidak berhasil dikonfirmasi. Ketika akan ditemui di tahanan, Kasat Tahti yang berwenang menjaga tahanan tidak ada yang menjabat. Penyidiknya juga sedang tugas luar. Istri salah satu tersangka juga sudah dihubungi melalui WA namun tidak merespon. (baguss)