Penataan Pasar Baturetno Dibatasi 17 Februari 2018

0 315
Penataan dan penempatan pedagang pasar Baturetno dengan cara mmusyawarah dan undian, beberapa waktu lalu

INFOWONOGIRI.COM-BATURETNO-Pembangun pasar tradisional Kecamatan Baturetno telah selesai. Kini Pemda Wonogiri mempunyai tanggungjawab untuk melakukan penataan kios dan los pasar dua lantai di atas lahan seluas 10.000 m2 itu.

Penataan pedagang pasar tidaklah mudah, membutuhkan waktu cepat dan tepat jumlah, sesuai kepemilikan Surat Ijin Tempat Usaha (SITU). Pasar tradisional di Baturetno, yang baru dibangun tersedia1271 kios dan Los.  Terdiri dari los 1174orang, sisanya kios.

Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Guruh Santoso melalui Kabid Pasar Agus Suprianto mengemukakan, sesuai peraturan, lantai satu diperuntukan bagi pedagang pakaian, gerabah, sepatu/sandal, tas, alat rumah tangga dan potong rambut (husus kering usaha jasa).

Penataan dan penempatan pedagang pasar Baturetno dengan cara mmusyawarah dan undian, beberapa waktu lalu

Sedangkan di lantai dua diperuntukan bagi pedagang bumbon, kelontong, warung makan, tahu tempe, hasil bumi dan ikan air tawar/ laut, los daging ayam, sapi, kambing. “Selasa pekanini harus selesai, per zonasi,” kata Agus Supriyanto yang juga pejabat pembuat komitmen (PPK) pembangunan pasar yang didanai sekira Rp.54 M itu.

Pasar Baturetno yang baru telah diresmikan sebulan silam. Penataan kios di lantai satu, kata Agus, sudah selesai. Terdapat 97 kios yang sudah ditempati 35 pedagang. Posisi kios menghadap keluar (ke jalan), antara lain toko herbal, warung makan, toko kelontong. (istimewa*)