Novel Itu Menginspirasi

0 505
Husnul Istiqomah Biladina

INFOWONOGIRI.COM -SOSOK-Namanya, Husnul Istiqomah Biladina. Panggilanya B i l a. Gadis berkerudung ini hobi membaca novel. Dalam sepekan bisamenyelesaikan 3 – 5 judul. Tergantung kesibukan di sekolah dan di rumah. Bisa “nambah” jika situasi memungkinkan.

Terbilang banyak, namun cewek beralamat di Dusun/Desa Tulangan Kecamatan Pracimantoro ini tidak melupakan tanggungjawab membantu orang tua dan belajar. Terbukti tugas rumah tuntas, rengking 9 dan aktif organisasi sekolah.

Di rumah, anak ke 3 dari 5 bersaudara ini, mendapat tugas mencuci piring, menanak nasi dan memasak air. Pekerjaan lain, menjadi tugas adik dan kakaknya.

Kapan baca novel? “Saya sempatkan waktu istirahat di sekolah,” kata cewek kelahiran Wonogiri 12 Maret 2001 ini. Bila anak pasangan Sugiyatmo dan Siti Nuraini.

Menurutnya, kisah dalam Novel itu menginspirasi. Karena konflik cerita yang disuguhkan terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, Bila duduk di bangku kelas XI jurusan IPA2 SMAN 1 Pracimantoro. Dia, menyebut, novel yang menginspirasi adalahkisa cinta, perjuangan, dan kebahagiaan. Ia suka novel sejak SMP. Baca di perpusatakaan. Kini setelah membaca novel melalui media online.

Nah judul-judul yang menginspirasi paling banyak “dimakanya”. Tetapi akhir cerita, amanahnya-lah yang diambil. Sisi positifnya-lah yang ditelan. Selebihnya,  yang negatif dilempar ke tong sampah. Yang paling menginspirasi Novel berjudul “Ibu” dan“London Love Story”.

“Baca novel itu ada orientasi, komplikasi dan resolusi amanat ceritanya,” kata resolusi, Pembelajaran remaja sekarang lebih ke hal ytang negatif. Setiap novel ada inspirasinya, ada negatifnya, ada positifnya.

Ngomong-ngomong cita-citanya? Jujur dia ingin menjadi dokter. Cita-citanya digantungkan di atas langit ke 7. Setiap hari ia berdoa, untuk orang tua dan keluarga, agar turut menghantarkan meraih cita-citanya. Selain dokter, ia ingin menjadi insinyur.