Digital Media Online Wonogiri

RW Layak Anak, Konsistensi Magelang Ujudkan Kota Layak Anak

0 35


INFOWONOGIRI.COM-MAGELANG– Magelang menjadi salah satu Kota paling aktif dalam mewujudkan daerahnya menjadi Kota Layak Anak. Sabtu (02/12) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bersama pemerintah Kota Magelang melakukan Kampanye Gerakan Bersama Lindungi Anak (BERLIAN) dan Pencanangan RW (Rukun Warga) Layak Anak di Gedung Wiworo Wiji Pinilih.

Sebagai Kota yang telah mendapat 3 kali penghargaan menuju Kota Layak Anak, partisipasi masyarakat dan peran aktif anak sebagai pelopor dan pelapor terhadap tindak kekerasan, diharapkan dapat mendorong Magelang menjadi Kota Layak Anak.

“Kepada orangtua, guru dan pemerintah, mari dorong anak untuk berkreasi sesuai minat dan bakat mereka. Tidak boleh ada pukul memukul lagi, itu bentuk pengasuhan yang salah. Keluarga dan masyarakat harusnya menjadi pelindung bagi anak-anak dari segala bentuk tindak kekerasan, kita penuhi hak-hak anak maka mereka akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Kekerasan terhadap anak hanya akan membahayakan kelangsungan hidup, kesehatan dan pendidikan, termasuk kecerdasan anak,” jelas Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise.


Dalam acara itu, Menteri Yohana juga memberikan bantuan Motor Perlindungan Perempuan dan Anak (TORLIN) kepada Pemerintah Kota Magelang. Menteri Yohana, menerangkan jika Kota Layak Anak bisa terlaksana bila pemerintah, dan seluruh masyarakatnya kerja bersama dan bertanggungjawab mewujudkan 24 indikator Kota Layak Anak. Ia juga mendorong Magelang dapat menjadi Kota Layak Anak.
“Kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan tidak boleh dianggap remeh.

Pencanangan RW layak anak sebanyak 196 RW ini adalah bentuk komitmen pemerintah Magelang dan upaya strategis guna mewujudkan keluarga serta lingkungan ramah anak di seluruh Kota Magelang. Tahun 2018 direncanakan akan mencangankan RT Layak Anak, agar kesadaran masyarakat terhadap perlindungan anak semakin kuat dan Magelang dapat menjadi Kota Layak Anak,” ujar Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina. (baguss)