Digital Media Online Wonogiri

Karangtengah Ajukan 300 Dikirim 1000 Selimut

0 392

INFOWONOGIRI.COM-KARANGTENGAH-Secara umum karakter Bencal di wilayah Kecamatan Karangtengah adalah tanah longsor, beserta tanaman dan pepohonan yang berada di atasnya.

Data sementara versi Kecamatan Karangtengah, kerugian akibat Bencal yang dialami penduduk adalah Rp 12,891 Milyar. Itu belum dihitung kerugian tanaman pertanian dan pepohonan.

Sejak peristiwa itu terjadi, Camat Karangtengah, Sunarto bersama relawan lokal dan Forkompinca melakukan rapat.

Posko langsung didirikan di Desa Temboro. Karena wilayah inilah yang bisa ditempuh R2 dan R4 saat itu. Sedangkan Posko Kordinasi bertmpat di Pendopo Kecamatan.

Langkah pertama yang diambil adalah konsentrasi membuka akses jalan di seluruh titik-titik Bencal. Agar dapat dilalui R2 dan R4. Tujuannya untuk memudahkan mobilitas relawan dan distribusi logistik, obat-obatan dan selimut.

Semula, logistik dan obat obatan terbatas hanya di Desa Temboro, berjarak 5 Km dari Posko Kordiasi. Atau sekitar 10Km dari Desa Purwoharjo. Kondisi itu menyulitkan mobilitas relawan dan distribusi logistik. “Hari ini sudah kami dekatkan, ke Posko Kecamatan,” kata Camat.

Camat menambahkan, Bupati Wonogiri Joko Sutopo hadir Jumat (1/12). Orang nomor 1 di Wonogiri ini berkenan menyerahkan bantuan 1000 selimut. “Kami ajukan sesuai kebutuhan 300 selimut. Dikirim 1000,” katanya.

Hari ini juga datang 40 relawan dari Brimob Polri, dan 31 relawan dari TNI. Mereka bergabung dengan 150 relawan dari berbagai unsur. Terdapat dokter jaga dua orang, yaitu dr Wardi dan Imah di Posko Desa dan Kecamatan.

Di Kedua Posko itu juga didirikan dua dapur umum 24 jam. Sampai saat ini, terdampak bencal di wilayah setmpat, tidak ada yang mengungsi. Akan tetapi terdapat sekira , malam hari, ada 50-an warga bermalam di Masjid Dusun Timbangan. Dikarenakan pada rumahnya masih mengalami kerusakan. Pada siang harinya, mereka kembali ke rumah masing-masing, untuk memperbaiki dan membersihkan rumahnya. (baguss)