Digital Media Online Wonogiri

Karangtaruna Buka Jalan ke Hargosari Tirtomoyo

0 581
Karangtaruna Andeta Taman Desa Wiroko Buka akses jalan menuju ke Desa Hargosari.

INFOWONOGIRI.COM-TIRTOMOYO-Dampak Bencana-alam (Bencal) di wilayah Kecamatan Tirtomoyo menggugah rasa kemanusiaan Karangtaruna Andeta Taman Desa Wiroko.

Pada Jumat (1/12/17) puluhan pengurus dan anggota Karangtaruna melaksanakan tanggap darurat membuka jalur akses jalan menuju ke Desa Hargosari.

Sejak Bencal melanda wilayah Tirtomoyo bagian timur itu, Selasa (28/11/17) akses ke Hargosari terputus total. Tidak bisa dilewati kendaraan roda 2 dan roda 4. Padahal jalur itu sehari hari adalah akses utama warga setempat menuju Pasar Tirtomoyo dan sekitarnya.

Lokasi longsor di Dusun Tileng berjarak 7 km dari Dusun Taman Wiroko. Sebelum menuju Tileng terlebih dahulu melalui Dusun Ngandong yang cukup ekstrim dan meguras tenaga.

Karangtaruna Andeta Taman Desa Wiroko Buka akses jalan menuju ke Desa Hargosari.

Ketua Karangtaruna Andeta Taman, Fitriyanto menjelaskan, anggota Karangtaruna berangakat dari rumah pukul 05.00 Wib. Sampai di lokasi longsor langsung memindahkan material longsor. Berupa batu tanah dan pepohonan yang tumbang.

“Pengerjaan cukup berat. Kami hanya mengunakan cangkul dan mesin sinsau. Alhamdulilah jam 10,15 jalan sudah bisa dilalui sepeda motor untuk distribusi logistic ke Hargosari, utamanya untuk anak-anak balita,” kata Fitriyanto.

Terpisah Ibnu Anggota Taqana Z.A menjelaskan, kebutuhan logistic berada di Posko Teknis di Balai Desa Dlepih.

Namun, menurutnya, distribusi logistik dan akomodasi tidak maksimal. Karena titik titik yang sangat membutuhkan logistic belum terjangkau. “Mohon perhatian dan evaluasi pihak terkait,” kata Ibnu. (gunawan).