Digital Media Online Wonogiri

Jembatan Utama Obyek Wisata Kahyangan Putus

0 374


INFOWONOGIRI.COM-TIRTOMOYO-Jembatan utama menuju ke obyek wisata spiritual Kahyangan mengalami rusak berat, akibat bencana alam banjir dan longsor di wilayah setempat.

Jembatan itu terletak di antara Dusun Kandenan Desa Dlepih dengan Dusun Taman Desa Wiroko Kecamatan Tirtomoyo.

Seperti diketahui bencana alam di wilayah setempat terjadi Selasa (28/11) lalu. Kepala Desa Wiroko Purwanto mengemukakan jembatan itu terputus akibat diterjang banjir bandang.

Untuk itu, ia berinisiatif untuk segera memperbaiki jembatan tersebut. Mengingat pentingnya jembatan tersebut sebagai akses jalan utama dua desa.

Upaya yang dilakukan Kades Wiroko adalah menggandeng pelaku usaha lokal. Antara lain dengan Suharno selaku Manager Operasional CV. Sehati.

‘Kami berinisitif untuk segera memfungsikan Jembatan itu dengan cara dibronjong terlebih dahulu,” kata Purwanto.

Namun pelaksanaanya menunggu hasil rapat dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri. Rapat rencana digdlar Senin (4/12/17) di Wonogiri.

Purwanto menjelaskan, bahwa CV. Sehati adalah perusaan pemecah batu gunung untuk keperluan material bangunan.

Suharno selaku manajer CV. Sehati mengatakan, pihaknya mengutamakan bantuan untuk perbaikan jalan. Tujuanya agar lalu lintas di pedesaan kembali lancar. “Itu dilakukan bukan hanya saat ada bencana. Tapi sejak perusahaan ini berdiri. Antara lain berbakti dengan Desa Tirisan Tirtomoyo sampai dengan Karangturi,” katanya.


Bantuan rutin lain adalah kopensasi untuk masyarakat umum. Seperti bantuan berkesinambungan untuk terdampak polusi debu,” katanya.

Suharno menginginkan para pihak terkait insfrastruktur, utamanya Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Tirtomoyo agar selalu mendata semua jembatan di wilayahnya masing – masing. Lalu dikaji ulang kelaikan jembatan tersebut.

Di berharap peristiwa bencana alam tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Mari bersama – sama merajut asa dari sudut Desa. Ronggo)