Digital Media Online Wonogiri

Warga Dusun Jurang Kuwong Belum Teraliri Listrik 

7

INFOWONOGIRI.COM-EROMOKO-Sebanyak 34 warga Penduduk Dusun Jurang Kuwong Desa Sindukarto Kecamatan Eromoko di Kabupaten Wonogiri “terisolir” di kampungnya sendiri. Pasalnya sampai saat ini, warga setempat belum mendapatkan pasokan listrik.

Tokoh masyarakat Eromoko, Bambang “AS” mengemukakan, kondisi tersebut dialami sejak puluhan tahun silam, sejak nenek moyang mereka, sampai sekarang. “Memang dari dulu belum pernah ada jaringan listrik yang masuk ke sana (Jurang Kuwung,” kata Bambang AS.

Jumlah penduduk setempat, ada sekitar 11 Kepala Keluarga. Awal mulanya, jumlah penduduk setempat mencapai 60-an KK. Kemudian berangasur angsur berkurang. Mereka “bedol dusun” ke kampung/desa tetangga.

Alasanya karena pindah kampong yang telah berlistrik. Alasan lain, akses jalan menuju Dusun tersebut relatif sulit, tidak ada fasilitas umum dan sosial (fasum-fasos). Jalan tanah bebatuan. Kendaraan mobil tidak bisa lewat. Sepeda motor juga susah.

“Terlebih jika musim hujan jalan tidak bisa dilewati kendaraan apapun. Kalau mau kemana mana ya jalan kaki,” katanya. Dusun Jurang Kuwong terletak lebih dekat dengan wilayah Gunungkidul DIY. Dari Kota Kabupaten Wonogiri kira-kira 25Km. Dari Kecamatan Eromoko kira kira 5 Km .

Kabarnya, selama ini warga menggunakan lampu seadanya untuk peneranagan. Atau mbantol listrik ke tetangga Desa, yang kebetulan dekat rumahnya. Menyambung kabel listrik ke rumah pendduk Dusun Mangkah Desa Sindukarto  “Paling dekat 1 km, bahkan ada yang lebih jauh dari itu,” kata Ari.

Warga sudah pernah mengajukan permohonan pemasangan jaringan listrik. Namun belum dipenuhi. Kades Sindukarto Titik Jarwani membenarkan, bahwa terdapat 11 KK yang belum memiliki jaringan listrik. “Ada 11 KK, terdiri dari 34 jiwa,” katanya. (baguss)

Leave A Reply

Your email address will not be published.