Digital Media Online Wonogiri

Mau Tahu Sensasinya Dikeroyok Ikan

1

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Jika anda belum pernah merasakan digigit ikan, anda bisa datang ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Di lokasi taman wisata ini, terdapat tempat kolam ikan. Lebarnya kira-kira 1 meter. Posisinya melingkari pohon raksasa “Sengon Butho”, tepat di bawah Rumah Pohon.

Di kolam itulah terdapat ratusan ikan yang memanag sengaja diperlihara pawangnya. Ikan-ikan tersebut terdiri dari berbagai jenis ikan. Menurut sejumlah pengunjung, ikan itu terdiri dari jenis nila, wader, sakarmut atau ikan sapu-sapu dan lain lain. Ukuran ikan-ikan tersebut tergolong kecil, rata rata selebar dua jari anak balita.

Nah, ikan-ikan itulah yang dimanfaatkan untuk terapi ikan. Bagi siapa saja yang sedang tidak sehat, atau sedang sehat manfaatkan teapi ikan itu.

Caranya, mudah. Duduk di tembok/dinding kolam. Lalu masukkan kakinya dan tanganya secara bergantian. Boleh kakinya terdahulu, satu persatu atau keduanya sekaligus, kalau kuat. Atau tanganya dahulu, satu satu atau kedua tanganya sekaliugus.

Pasti kaki atau tangan anda akan digigiti ikan-ikan itu. Kalau ikanya tidak mau menggigiti kakimu, berarti kakimu steril, bersih sekali. Sebaliknya kalau kakimu langsung dikerubuti ikan-ikan itu, berarti anda banyak penyakitnya.

“Kalau ikanya mabuk atau bahkan mati, bisa jadi ora kuat ambune sikilmu,” ujar salah satu pengunjung. Asal Sukoharjo. Dia sendiri mengaku tidak kuat berlama lama menerapi kaki atau tanganya. Alasanya tidak kuat geli.

“Dimakan ikan wader karo cithul wae ngene rasane. Endah yang dicokot hiu,” katanya lagi.
Peuturan sejumlah pengunjung, memang kali pertama gelinya setngah mati. Bisa bikin kaku perut karena menahan geli dan terpingkal-pingkal. Tapi lama-lama bisa dirasakan nbikmatnya. Sebab terapi ikan ini dapat membersihkan dari mati, menghilangkan pegel linu, dan sakit kepala serta memerlancar peredaran darah di sekujur tubuhya.

Menurut Ikwan, penjaga karcis Terapi Ikan, jenis ikan di tempatnya adalah Ikan Galarupa. (baguss)

Leave A Reply

Your email address will not be published.