Digital Media Online Wonogiri

Curi Uang di Dalam Buku, Tertangkap

13

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Setelah menghilang hampir setahun, akhirnya Sumarno alias Suwarto (37th) dapat diamankan Satreskrim Polres Wonogiri.

Lantaran, warga Dusun Kepek Rt 02 Rw 09 Desa Sendangagung Kecamatan Giriwoyo Wonogiri ini dituduh telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) dengan hasil uang Rp 3 juta.

 

Uang itu milik Anastasia Hartini alamat Dusun Kepek Rt 02 Rw 09 Desa Sendangagung, Giriwoyo, Wonogiri.
Curat dilakukan Sabtu (31/12/16) silam sekira pukul 23.30 Wib di rumah korban. Korban bernama Anastasia Hartini (52th) swasta alamat Dusun Kepek Rt 02 Rw 09 Sendangagung Giriwoyo Wonogiri.

 

Kapolres Wonogiri AKBP Muhammad Tora SH.SIK melalui Kasatreskrim AKP Muhammad Kariri SH.MH mengemukakan, atas perbuatannya itu, Sumarno dijerat Pasal 363 KUHP. “Dia (Suwarno) tidak termasuk target operasi sikat Candi 2017, yang berhasil kita tangkap,” kata Kariri.

Setelah tertangkap, terungkap modus pencurian yang dilakukan Sumarno. Pelaku membuka bopen jendela yang tidak terkunci lalu masuk ke rumah korban dan mengambil uang milik korban yang tersimpan di dalam buku tulis. Pelaku keluar rumah korban juga melalui bopen jendela
Kronologisnya Jumat (30/12/16) pukul 11.00 Wib korban bepergian bersama keluarga ke Solo untuk merayakan tahun baru 2017. Rumah dibiarkan kosong. Dua hari kemudian, korban pulang. Ternyata jendela samping rumah terbuka.

 

Diketahui uang sejumlah Rp 3 juta yang disimpan di dalam buku tulis telah hilang.
Korban melaporkan kasus itu ke Suyatno selaku Kadus dan diteruskan ke Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri. Setelah diamankan, kepada penyidik, Sumarno mengakui perbuatannya.

 

Saksi dalam perkara ini, Suyatno (43th) Kadus Kepek, Setyawan (36 Th) petani dan Agus Hartono (39th) ketiganya warga Desa Sendangagung Kecamatan Giriwoyo.

 

Barang bukti yang diamankan polisi sebuah bopen jendela ukuran 53 cm x 30 cm, 3 lembar buku tulis korban tempat penyimpanan uang yang dicuri tersangka. (b5iw)

Leave A Reply

Your email address will not be published.