Rabu, 20 September 2017 / 28 Djulhijjah 1438
NEWS TICKER
Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Wisata Air Telaga Rowo Batuwarno Dibuka »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Siswa-Siswi SMAN 1 Baturetno Telanjang Di Sawah Digerebek »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Profil : Darto alias Tatot Pete , Calon Kades »  Anggota DPRD & Guru MTsN Digrebeg di Dalam Mobil »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  Ojo Di Tiru, Guru PNS SMPN 1 Weru Tertangkap Setubuhi Muridnya »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Ya Allah Anak SMP Jual Diri Sekali ‘Begituan’ Rp.10 Ribu »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Ini Pengakuannya Siswa-Siswi SMAN 1 Baturetno Yang Digrebeg »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 » 
 
Home » Nasional » Umat Budha Wonogiri Nyatakan Sikap Tragedi Myanmar
NASIONAL

Umat Budha Wonogiri Nyatakan Sikap Tragedi Myanmar

Selasa, 5 September 2017 / 13 Djulhijjah 1438 - 1062 Kunjungan


INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Pimpinan dan Tokoh Agama Budha Kabupaten Wonogiri membuat pernyataan sikap, terkait krisis Rohingya, Myanmar.
Acara diselenggarakan Selasa (5/9/17) di Kampus Sekolah Tinggi Agama Budha Negeri (STABN) Raden Wijaya, Pokoh Wonoboyo Wonogiri
Diawali sambutan Ketua STABN Hesti Sadtyadi disaksikan puluhan tokoh agama Budha, Mahasiswa, Polisi, TNI dan Jurnalis.

 

“Ini tidak dirancang. Tetapi spontanitas untuk menyikapi tragedi di Rokhingya, Myanmar,” kata Hesty.

 

Hesty menyampaikan salah satu ajaran agama Budha adalah kasih sayang. Jangan menipu. Jangan marah. Janghan membenci. Jangan menyakiti. Jangan menghina. Berdiam diri di tempat sunyi.
Apa yang terjadi di Myanmar menurutnya sangat bertentangan dengan ajaran Budha. Ia berharap pertemuan ini bisa membawa kedamaian dan kebahagiaan kita semua.
Dilanjutkan pembacaan pernyataan sikap:
1) Keprihatinan mendalam atas krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar yang telah menimbulkan korban jiwa dan kerugian moril. Bukan konflik agama melainkan konflik sosial, politik dan kemanusiaan.
2) Menumbuhkan solidaritas kemanusiaan atas krisis Rakhine Myanmar dengan mengedepankan sikap cinta kasih. Korban terdampak adalah sama-sama manusia yang setara dan serasa di hadapan Tuhan.
3) Menghentikan kebencian dan kekerasan agar tidak makin parah kerusakan yang diakibatkan.
4) Mendesak pemerintah Myanmar untuk memberikan perlindungan bantuan dan hak asasi dasar kepada masyarakat Rakhine.
5) Menolak segala bentuk provokasi untuk memperluas dan membawa isu konflik sosial politik dan kemanusiaan pada krisis Rakhine Myanmar ke Indonesia yang dapat mengganggu kerukunan hidup umat beragama.
6) Menghimbau masyarakat Indonesia dapat menyaring informasi melalui medsos, tidak terprovokasi untuk menyebarkan kebencian. Kami sangat mengharapkan kepada cyiber crime dan BIN agar mendeteksi informasi provokasi agar tidak tersebar ke masyarakat.
7) Sangat perlu diingat tidak ada agama yang dapat dikaitkan dengan aksi terorisme, karena aksi keji itu sama sekali tidak mencerminkan perilaku umat beragama. Kejadian ini harus menjadi pendorong bersatunya umat beragama di Indonesia dan dunia.
8) Kami mengharapkan Pemerintah RI menjamin umat beragama untuk beribadah dengan tenang dan aman, dan menjamin tempat ibadah di Indonesia aman.
9) Kami menghimbau seluruh umat beragama khususnya umat Budha tidak terprovokasi, sebagai umat selayaknya menjaga kerukunan dan perdamaian di Indonesia dan dunia.
10) Kami umat Budha Indonesia menjunjung tinggi kerukunan dan perdamaian. Menyampaikan rasa empati atas penderitaan yang dialami saudara pengungsi Rokhingya, masyarakat di Rakhine, Myanmar semoga penderitaan segera berakhir.

 

Dilanjutkan penandatangan berita acara pernyataan sikap oleh Ketua STABN Raden Wijaya Dr Hesti Sadtyadi SEMSi, Ketua Magabudhi Wonogiri Sakiran, Ketua BDI Wonogiri Pdt Parmin, Ketua Wihara Sradha Kirti Karman, Ketua Wihara Dhammasasana Citasukho Tarno, Wihara Vimalakirti Pdt Kasimin, Wihara Samyak Murti Parno Wiyoto, Wihara Dhammmahavirya Sodik. Wihara Sradha Murti Murwani, Wihara Maitri Ratna Sutino. (baguss)




Related Post
comments powered by Disqus

Comment

Your email will not be displayed.