Digital Media Online Wonogiri

Pupuk Urea Tahun 2017 Kelebihan 13 Ribu Ton

1
gudang pupuk di Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-NGADIROJO-Tahun 2017 ini pupuk bersubsidi husus pupuk jenis urea mengalami kelebihan stok. Bahkan kelebihan stok pupuk untuk jenis tanaman pangan itu cukup buwanyak.

Kelebihannya hingga mencapai 13.000 Ton. Terjadinya kelebihan pupuk itu disebabkan beberapa faktor. Antara lain karena waktu pengajuan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) kurang valid. Semula tahun 2016 adalah 32.000 Ton, pada tahun 2017 dinaikan menjadi 45.167 Ton.

Diprediksi sampai akhir tahun 2017 stok pupuk sebanyak itu tidak terserap habis. Diperkirakan bisa lebih atau kelebihan hingga mencapai 13.000 Ton.

Sebab sampai akhir tahun 2016 saja terjadi kelebihan sekitar 3000 Ton, dari total kuota sebanyak 32.000 Ton. “Tahun ini bisa kelebihan sekitar 13.000 Ton,” ujar H. Tardi pemilik Tunggal Daya, Distributor Pupuk di Ngadirojo Wonogiri.

Hal yang sama dikemukakan Sri Suluh Tani Wonogiri. “Kami bersama rekan-rekan sudah menyampaikan ke Dinas Pertanian Kabupaten dan diteruskan ke Dinas Pertanian Provinsi. Tapi sampai sekarang belum ada jawaban,” kata Sri Suluh Tani.

Faktor lain, karena produktifitas petani Wonogiri menurun. Namun itu diyakini bukan faktor utama. Sebab semata-mata, kelebihan banyaknya stok pupuk karena ditentukan RDKK. RDKK dibuat oleh Petani/Kelompok Petani didampingi Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian.

Distributor bertindak menerima, menyalurkan dan melayani kemauan pemerintah dan petani. “Kalau faktor produktifitas petani, kelebihannya tidak sampai sedahsyat ini,” kata Sri Suluh Tani.

Pada musim tanam kedua nanti pun (Oktober-Desember 2017) tidak akan bisa menghabiskan stok. Karena, masih terdapat pupuk sebelumnya yang belum tertebus.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Ir Sapuan melalui Kasi Pupuk, Sunar menyatakan, bahwa menurutnya angka kelebihan pupuk tahun 2017 belum bisa dipastikan. Alasanya akhir tahun ini masoh terdapat musim tanam kedua, sampai Desember. Jadi menurutnya bukan kelebihan stok, tetapi stok pupuk urea sangat kecukupan. (baguss)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.