Digital Media Online Wonogiri

Pakari Bakti Sosial Droping Air Bersih

1


INFOWONOGIRI.COM-PRACIMANTORO-Paguyuban perantauan di Jakarta , Paguyuban Keluarga Wonogiri (Pakari) menunjukkan kepedulian terhadapan masalah kekeringan di Wonogiri Sisi Selatan.

Antara lain di wilayah Kecamatan Paranggupito yang mengalami kekeringan di semua desa. Tak hanya di Paranggupito, di Kecamatan Pracimantoro, Giriwoyo, Giritontro, Nguntoronadi, Manyaran, Eromoko dan Selogiri. Secara Keseluruhan ada 37 desa terdampak kekeringan.


Pakari bekerjasama dengan Radio GGLink. Radio GGLink di usia ke 7 tahunnya mengajak pendengar untuk mengikuti kegiatan amal tersebut.

Kegiatan secara simbolis dilaksanakan di Desa Johunut Kecamatan Paranggupito Sabtu (23/9/17). Khusus untuk kecamatan Paranggupito mendapatkan 40 tangki air bersih. Di Kecamatan ini warga sangat kesulitan menemukan air bersih.

Ketua umum Pakari Sudarmanto Leles hadir dalam kegiatan itu. Dia berharap bantuan itu bermanfaat untuk masyarakat. Nampak hadir Direktur Radio GGLink, pimpinan Cabang JNE Wonogiri, Paguyuban Sedulur Ngadirojo, Central Sakti Motor, Kepala Desa Johunut, Jajaran Forkompinca dan tokoh masyarakat.


Warga Johunut tampak senang atas bantuan tersebut. Seperti diutarakan Nunik. Warga yang berpenghasilan menengah ke bawah harus menjual hewan ternak mereka jika musim kemarau tiba.Tak hanya membantu air bersih, juga diselingi campursari dan servise motor gratis.

Berbeda dengan Paranggupito, satu dusun di wilayah Pare Kecamatan Selogori juga mengalami kesulitan air 4 tahun belakangan ini. Sumber air yang mereka manfaatkan tidak bisa diandalkan setiap musim kemarau. Biasanya, jika musim rendeng, warga memanfaatkan air pegunungan.

Jika musim kemarau warga hanya bisa mengandalkan bantuan atau mengungsi ke dusun lain untuk mencari air.
“Kami sudah berusaha bekerjasama dengan PDAM. Karena wilayah kami tinggi PDAM tidak sanggup. Di daerah kami sulit membuat sumur, tidak ada air karena tandus,” ungkap Ketua RT 01 RW 8 Josari.

Bantuan air diserahkan Sudarmanto Leles kepada warga Josari. “Total ada 80 tangki air bersih,” seperti tertulis dam rilisnya. (prass)

Leave A Reply

Your email address will not be published.