Digital Media Online Wonogiri

Masyarakat Diajak Awasi Pemilihan Gubernur

0 17

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Masyarakat diminta terlibat mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah Gubernur Jateng.

Tahapan Pilgub Jateng telah dimulai Agustus kemarin. Sedangkan pelaksanaan akan berlangsung pada 27 Juni 2018.

Ajakan itu disampaikan Ketua Panwaskab Wonogiri Ali Mahbub, Rabu (6/9/17) di kantornya. “Kami sangat berharap partisipasi masyarakat untuk mengawasi Pemilihan Gubernur Jateng,” kata Ali Mahbub.

Pengawasan bisa dilakukan secara kelembagaan, maupun secara perorangan. Secara kelembagaan, masyarakat bisa mendaftarkan diri sebagai Anggota Panwas Kecamatan.

Pendaftaran Panwascam dimulai sejak tanggal 6 sampai 12 September. Tes tertulis rencana 14 September. Tes wawancara 20 September. Pengumuman hasil tes tanggal 25 September 2017.

Syarat sebagai anggota Panwascam, secara umum WNI, Usia minimal 25th, Beridieologi Pancasila/ UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggalika. Memiliki integritas, jujur dan adil, dan memiliki kemampuan penyelenggara Pemilu.

Pendidikan minimal SLTA/sederajat, domisili kecamatan bukti KTP, sehat jasmani dan rohani dibuktikan surat keterangan dari puskesmas, tidak pernah menjadi anggota Parpol, atau sudah mengundurkan diri dari keanggotaan minimal 5 tahun, tidak pernah menjadi tim kampanye / relawan, bersedia mengundurkan diri jabatan publik, tidak pernah dipidana penjara dan siap bekerja penuh waktu, bersedia tidak menduduki jabatan publik/politik dan BUMD/BUMN.

Selama keangotaan terpilih, tidak berada dalam satu ikatan sesama penyelenggara Pilkada.

Persyaratan teknis adalah FC KTP, Ijasah terakhir dilegalisir, pas foto warna terbaru 4×6 5 lembar, daftar riwayat hidup, Surat Kesehatan, Surat Pernyataan setia Pancasila, UUDRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggalika. Panwascam terpilih akan bekerja sampai 9 bulan kedepan. (baguss)

Leave A Reply