Digital Media Online Wonogiri

Tower Telkomsel Illeggal Berdiri di Ngadirojo

1
Tower milik Telkomsel berdiri di Dusun Mlokomanis Kelurahan Mlokomanis Kulon Kecamatan Ngadirojo tampa dilengkapi perijinan Pemda Kabupaten Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-NGADIROJO-Perusahaan jasa telekomunikasi PT Telkomsel terindikasi mendidikan menara Base Transceiver Station (BTS) tanpa dilengkapi ijin mendirikan bangunan (IMB) dan ijin prinsip dari Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri.

Menara tersebut, di lahan pekarangan milik Maryadi di RT 03 RW 08 Lingkungan Mlokomanis Kelurahan Mlokomanis Kulon Kecamatan Ngadirojo Wonogiri. Menara tersebut memiliki ketinggian 42m yang dibangun oleh PT Karisma Daya Induk (KDI) Jakarta.
Saat ini menara tersebut telah beroperasi sejak sekira beberapa bulan lalu. Ketua RW setempat, Danang mengemukakan, perwakilan dari perusahaan BTS tersebut telah menemui warga dan perangkat Desa/Kelurahan.
“Ada delapan warga atau pihak yang mendapatkan kompensasi. Masing masing menerima Rp.500 ribu,” kata Danang. Ke delapan pihak itu atas nama Karangtaruna, mushola, Ketua RT 01, 02, 03, dan penduduk terdekat dari radius tower.
Bayu, perwakilan dari PT KDI mengemukakan, pihaknya sudah menyampaikan sosialisasi kepada perangkat desa/kelurahan dan warga terdekat. Dikatakan, pihaknya mengatakan belum mengajukan ijin resmi ke Pemda Wonogiri.
Alasannya karena masih tahap uji coba. Uji coba rencana akan berjalan sekira 6bln sampai 12bln. Jika ke depan prospeknya bagus, maka pihaknya akan melanjutkan dan mengajukan ijin sesuai prosedur.
“Bukan kita tidak mau mengurus ijin. Tetapi kita bertahap, sesuai mekanisme perusahaan Telkomsel. Karena projeknya memang begitu. Kami hanya pelakasanaa di lapangan. Di beberapa daerah di Jateng, juga begitu,” katanya by phone.
Sementara itu Kepala Satpol PP Pemda Wonogiri Waluyo, membenarkan, bahwa telah menerima laporan adanya perusahaan telekomunikasi yang mendirikan tower BTS illegal. Satpol PP telah turun melakukan pengecekan.
“Kami sudah membuat surat terguran. Sesuai tahapan, jika dalam waktu tertentu tidak disikapi, kami akan mengambil langkah berikutnya,” kata Waluyo by Phon. (baguss)

Leave A Reply

Your email address will not be published.