Digital Media Online Wonogiri

Besok Pembayaran Gantirugi Proyek Pidekso ke 2

1
dari kanan Kepala Seksi Penanganan Masalah dan Pengendalian Pertanahan Heru Eko Marwoto SH.MH, Kepala ATR/BPN Cahyono SH.MM, Kasi Pengadaan Tanah Haryatmo, Kasi Hubunhan Hukum Pertanahan Agung Basuki

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kantor Kementrian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Wonogiri berencana akan menunaikan pembayaran “ganti rugi” proyek pembangunan Waduk Pidekso Giriwoyo (WPG) tahap II, Selasa (7/8).

 

Pembayaran akan dilaksanakan di Rumah Konsultasi Masyarakat di Desa Pidekso Kecamatan Giriwoyo.

 

Kepala ATR/BPN Kabupaten Wonogiri, Cahyono mengemukakan, pihaknya bertindak sebagai panitia pelaksana pengadaan tanah. Saat ini sedang mempersiapkan pembayaran itu. Sesuai data administratif, rencana pembayaran akan ditunaikan kepada 1634 orang pemilik lahan terdampak WPG.

 

Nilai masing masing bidang berbeda satu sama lain. Namun Cahyono didampingi panitia yang lain, mengaku tidak hafal. Cahyono juga tidak menjanjikan pembayaran akan selesai saat itu.

 

Mengingat tidak semua calon penerima ganti rugi tinggal di rumah. “Subyek pemilik lahan ada yang merantau ke Jakarta atau berhalangan. Jadi tergantung keseiapan masyarakat,”
Secara teknis, proses pembayaran tidak dilakukan secara tunai. Tetapi melalui transfer ke rekening pemilik lahan di bank BNI, Mandiri dan Bank Jateng.

 

Total uang yang disediakan pemerintah ada sebanyak Rp.702 Milyar. Dana tersebut dari anggaran APBN 2017.

 

Kapan proyek akan dimulai? Cahyono mengatakan tidak faham. karena hal itu menjadi kewengan pejabat Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS). (baguss)

Leave A Reply

Your email address will not be published.