Digital Media Online Wonogiri

Bertahun-tahun Wonogiri Panen Debu Pas Lebaran

0 15
Sejumlah mobil menerobos kabut debu di wilayah Pracimantoro- Giritontro-Giriwoyo

INFOWONOGIRI.COM-GIRITONTRO-Hampir setiap tahun di wilayah Wonogiri Selatan, yaitu Kecamatan Pracimantoro, Giritontro dan Giriwoyo pasti “panen” debu bertepatan hari Idul Fitri.

Seperti yang dialami tahun ini. Panen debu dapat dirasakan penduduk ke tiga wilayah itu di sekitar Jalur Lingkar Selatan-selatan (JLS) di Kecamatan Pracimantoro ke Giritontro sampai ke Giriwoyo.

Saking melimpah panenannya, debu-debu itu dapat dinikmati para pemudik yang pulang ke tanah kelahirannya. Juga dapat dinikmati siapa saja yang melintasi wilayah proyek jalan nasional itu.

Sejumlah mobil menerobos kabut debu di wilayah Pracimantoro- Giritontro-Giriwoyo

Tahun ini bisa dibilang produksi debu cukup melimpah. Sama halnya dengan panen debu dua tahun sebelumnya, 2016 dan 2015.

Bedanya, tahun ini proyek JLS hampir jadi. Jalannya lebih halus, dibandingkan dua tahun lalu. Dua tahun lalu, jalan bergelombang dan berdebu. Tahun sebelumnya jalannya seperti jalur “dakar”, bahkan melebihi. Dengan posisi jalan laiknya sungai kering penuh dengan bebatuan taktertata.

“Kondisi itu terjadi sejak lama, sejak proyek pembebasan JLS,” kata warga setempat.

Meski demikian, kondisi tersebut tak menyurutkan warga setempat dan pemudik menikmati Hari Raya Idul Fitri 1438H/2017M.

Pada tahun tahun lalu, di luar musim kemarau, kondisi JLS licin dan berlumpur. Warga berharap proyek “multiyears” segera kelar. Sehingga warga dapat menikmati kondisi jalan yang bagus dan mulus. (prass)

Leave A Reply