Digital Media Online Wonogiri

Kami Tidak Jual Tanah & Aset, Ganti Rugi Harus Layak & Adil

0 19

INFOWONOGIRI.COM-BATUWARNO-Di setiap rumah penduduk Desa Sendangsari Kecamatan Batuwarno terpasang poster yang berisi pesan dan harapan.

“Kami tidak menjual tanah dan aset di atasnya. Ganti kerugian harus layak dan adil. Kesejahteraan kami harus diutamakan,” begitu bunyi poster yang terpasang di dekat pintu rumah penduduk.

Hampir semua rumah memasangi poster itu. Bahkan tidak hanya di dinding rumah pnduduk. Namun juga dipasang di tempat-tempat lain. Seperti di pos ronda. Di warung semi permanen. Di kandang sapi atau kambing, dan di tempat lain.

Asal tahu wilayah Desa Sendangsari, adalah salah satu dari tiga Desa terdampak rencana pembangunan Waduk Pidekso. Dua desa lain berada di wilayah Kecamatan Giriwoyo, yaitu Desa Tukulrejo dan Desa Pidekso.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, di Desa Sendangsari terdapat sebanyak 555 bidang yang akan terkena dampak pembangunan waduk.

Kepala Desa Sendangsari Etik Nurwanti belum berkenan memberikan keterangan, dengan alasan sedang ada tamu.

Informasi dari masyarakat, saat ini rencana pembangunan waduk menunggu proses ganti rugi lahan. Ganti rugi lahan akan ditentukan tim apraishal (penaksir harga).

informasi yang beredar harga tanah di sana melonjak tinggi. Berkisar antara Rp 200 ribu sampai Rp.400 ribu, tergantung letak/posisi tanah tersebut.

Sementara harga nilai jualk obyek pajak (NJOP) di wilayah Desa Sendangsari berkisar antara Rp15 ribu sampai Rp40 ribu permeter tergantung posisinya. “Harga sawah Rp 15 – 20 ribu permeter. Pekarangan Rp30 – 40 ribu permeter,” kata Etik Nurwanti Kades Sendangsari. (baguss)

Leave A Reply