Digital Media Online Wonogiri

Kerja bhakti Bangun Embung Ngroto Seluas 900 M2

0 19

INFOWONOGIRI.COM-KISMANTORO-Di Dusun Ngroto Desa Ngroto Kecamatan Kismantoro kini telah dibangun embung. Embung tersebut berukuran 900 meter persegi. Memiliki kedalaman 3 meter.

 

Embung tersebut dibangun di lahan milik tanah kas Desa Ngroto Kecamatan Kismantoro. Camat Kismantoro mengemukakan, embung tersebut dibangun sejak petengahan Desember tahun 2016 silam. Dikerjakan secara bergotong royong atau kerjabakti.

 

Camat Kismatoro Joko Purwidiyatmo memeberkan, pembuatan embung tersebut melibatkan pemerintah Desa Ngroto, Kismantoro, Koramil Kismantoro, Kodim 0728 Wonogiri dan Danrem Surakarta. Bank Indonesia juga menyalurkan dananya sebesar Rp.120 juta.

“Ini pekerjanya bekerja bakti, tampa dibayar. Kalau dibayar uangnya gak cukup. Husus Danrem membantu dua alat berat dan uang, tapi jumlah uangnya saya tidak tahu,” kata Joko Purwidiyatmo, Selasa (11/4/17). Konsumsi tenaga kerja ditanggung Kades Ngroto.

 

Embung tersebut rencananya akan digunakan untuk menampung air hujan dan atau air dari sumber mata air di wilayah sekitar Desa Ngroto. Air-air yang mengalir dari sungai –kecil-kecil- dimasukkan/dialirkan ke dalam embung, menggunakan paralon.

 

Di dalam embung tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian lahan di bawahnya embung. Namun luasan lahan pertanian di bawah embung belum diektahui luasannya. Lahan pertanian di Desa Ngroto banyak dimanfaatkan untuk bertani cabe.

 

Pantauan IW sampai saat ini, embung tersebut sudah hamper jadi. Tampak tanggul embung sudah berbentuk persegi empat. Posisinya masih tanggul tanah liat. Rencananya tanggul tersebut akan dibangun semi-permanen berbentuk talud, agar tidak mudah longsor. (baguss)