Senin, 25 September 2017 / 4 Muharram 1439
NEWS TICKER
Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Wisata Air Telaga Rowo Batuwarno Dibuka »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Siswa-Siswi SMAN 1 Baturetno Telanjang Di Sawah Digerebek »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Profil : Darto alias Tatot Pete , Calon Kades »  Anggota DPRD & Guru MTsN Digrebeg di Dalam Mobil »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  Ojo Di Tiru, Guru PNS SMPN 1 Weru Tertangkap Setubuhi Muridnya »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Ya Allah Anak SMP Jual Diri Sekali ‘Begituan’ Rp.10 Ribu »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Ini Pengakuannya Siswa-Siswi SMAN 1 Baturetno Yang Digrebeg »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 » 
 
Home » Pendidikan » Hampir 4 Bulan Dana BOS Belum Cair, Terpaksa Hutang
PENDIDIKAN

Hampir 4 Bulan Dana BOS Belum Cair, Terpaksa Hutang

Minggu, 16 April 2017 / 19 Rajab 1438 - 1110 Kunjungan

Suwandi Ketua MKKS SE Wonogiri 

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Dana Operasional Sekolah (BOS) untuk SMK dan SMA se Kabupaten Wonogiri belum cair. Padahal sampai Sabtu (15/4) terhitung telah melewati batas triwulan (3 bulan) pertama, lebih 15 hari (setengah bulan).
Belum turunnya dana BOS itu dicurigai karena terjadi transisi pengelolaan SMA/SMK. Semula dikelola Dinas Pendidikan Kabupaten diambilalih Provinsi.
Pemerhati pendidikan di Kabupaten Wonogiri Kentut Suryatno menilai Pemprov belum sepenuhnya siap. “Seharusnya sebelum mengambil alih, siapkan regulasinya dan sarana prasarananya,” kata Kentut yang tinggal di Batuwarno.
Dampaknya, menurut Kentut, seumlah sekolah hutang uang ke lembaga keuangan untuk belanja operasional. Seperti di SMAN 1 Baturetno, SMAN 1 Girimarto dan SMKN 2 Wonogiri.
Antara lain untuk biaya rekening listrik, air, telpon, guru GTT dan PTT dan kegiatan belajar mengajar. Jika ini berkelanjutan dapat berdampak lebih buruk.
“Belum cairnya dana BOS bukti buruknya manajemen keuangan Pemerintah,” kata Kentut.
Terpisah, Ketua MKKS SMK se Kabupaten Wonogiri membenarkan, bahwa dana BOS untuk SMK dan SMA belum cair.
“Dana BOS belum cair, sampai triwulan pertama ini,” kata Suwandi Suwandi yang juga Kepala Sekolah SMKN 2 Wonogiri.
Pihaknya, mewakili SMK se Wonogiri telah mengupayakan kepada Kabid SMK di Provinsi Jateng dan Balai Pengendali Pendiikan Menengah Khusus (BP2MK).
“Kita sudah usulkan ke Provinsi dan mengkomunikasikan ke BP2MK, dengan tri wulan pertama bisa cair. Kami sementara menggunakan dana Komite Sekolah. Nanti kalau cair dana BOS dari Pemprof kita kembalikan,” kaya Suwandi.
Nanti cairnya dana BOS triwulan pertama itu, ditransfer ke rekening sekolah masing-masing, untuk belanja langsung operasional sekolah.
Kondisi itu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ketika masih bernaung di bawah Pemkab /Pemkot, dana BOS turun langsung dari Pemerintah Pusat ke rekening sekolah untuk setahun anggaran. (b5iw)




Related Post
comments powered by Disqus

Comment

Your email will not be displayed.