Digital Media Online Wonogiri

Warga Dusun Dadapan Iuran Rp.2.150.000 Bangun Jalan

0 10

INFOWONOGIRI.COM-TIRTOMOYO-Di Dusun-Dusun di Desa-desa di wilayah Kecamatan Tirtomoyo masih terdapat banyak jalan yang belum diaspal dan atau belum dibeton.

Sehingga jalan jalan di sana tampak alami. Karena jalan jalan masih berupa tanah liat, tanah merah, atau jalan makadam.

Seperti jalan di Dusun Dadapan Desa Sukoharjo Kecamatan Tirtomoyo. Jalan di Dusun Dadapan adalah jalan penghubung antar Dusun Tulakan, Dusun Kebonagung, Dusun Paku wilayah Desa Hargorejo dan Dusun Sendangsari, terus tembus sampai di wilayah Desa Hargosari dan tembus ke wilayah tetangga, Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Wawan Yulianto, warga Desa Sukoharjo, melaporkan, total panjang jalan dusun yang masih alami tanah liat ada sekitar 7Km. “Itu belum termasuk jalan yang sudah dirabat atau dibeton, tetapi sudah rusak,” kata Wawan Yulianto.

Karena masih tanah liat atau tanah merah, maka pada waktu musim hujan, jalannya licik dan becek, dan sulit dilalui sepeda motor. Dalam rangka membangun jalan, warga Dusun Dadapan warga bersepakat swadaya, iuran. Masing masing kepala keluarga dikenai Rp.2.150.000. Hasil iuran digunakan untuk membeli material dan digunakan untuk merabat atau betnisasi jalan. Pengerjaannya dilaksanakan secara gotong royong.

“Ini pyur murni swadaya masyarakat dan iuran anak-anak muda yang bekerja di perantauan,” kata Wawan. (baguss)

Leave A Reply