Senin, 23 Oktober 2017 / 2 Safar 1439
NEWS TICKER
Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Wisata Air Telaga Rowo Batuwarno Dibuka »  Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Siswa-Siswi SMAN 1 Baturetno Telanjang Di Sawah Digerebek »  Profil : Darto alias Tatot Pete , Calon Kades »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Anggota DPRD & Guru MTsN Digrebeg di Dalam Mobil »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  Ojo Di Tiru, Guru PNS SMPN 1 Weru Tertangkap Setubuhi Muridnya »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Ya Allah Anak SMP Jual Diri Sekali ‘Begituan’ Rp.10 Ribu »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Ini Pengakuannya Siswa-Siswi SMAN 1 Baturetno Yang Digrebeg »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 » 
 
Home » Olahraga » Panahan Tradisi Wonogiri
OLAHRAGA

Panahan Tradisi Wonogiri

Rabu, 1 Maret 2017 / 2 Jamadil Akhir 1438 - 1279 Kunjungan

INFOWONOGIRI.COM-SLOGOHIMO-Geliat olahraga Panahan di kab. Wonogiri mulai mendapat tempat dimasyarakat, khususnya kegiatan Jemparingan Tradisional yang 1 tahun lalu berdiri Paguyuban Jemparingan Wonogiren Samber Nyowo.

 

Nama Samber Nyowo sendiri diberikan oleh Mas Joko Sutopo selaku Bupati Wonogiri saat memberikan sambutan dan dukungan terhadap Gladen dalam rangka HUT RI yg ke 71 tahun di alun-alun Kab. Wonogiri beberapa waktu lalu.
Meski tergolong baru, namun prestasi yang diukir oleh anggota Paguyuban ini relatif cukup banyak, diantaranya menjuarai Lomba Panahan Tradisional Piala KODIM Sukoharjo dengan menempatkan Budi Narwito (selaku pemilik Markas Gladen Samber Nyowo) di Wonokarto sebagai juara 2.

 
Olahraga ini unik, klasik dan sangat menarik, dikarenakan seorang pemanah harus melatih 3 kekuatan sekaligus, yaitu tenaga, fokus dan kesabaran. Disamping dalam even resmi pemanah juga harus memakai busana adat Jawa laksana seorang prajurit kesatria.
Sasaran target juga beda, dalam olahraga panahan tradisional ini menggunakan Bandul yang dibuat khusus, dengan jarak 30m serta pemanah harus duduk bersila, tidak boleh berdiri. Gendewa ato Busur serta anak panahnya harus terbuat dari bahan kayu dan bambu.
Selain di Markas Wonokarto (Garasi Bus Sedyo Mulyo), beberapa gladen resmi juga sudah pernah diadakan, diantaranya di halaman Parkir Stadion Pringgondani, di Lapangan Sendang Kec. Jatipurno dan di Kec. Baturetno. Karena saat ini Paguyuban memiliki anak cabang (Bregodo), untuk wilayah Slogohimo diberi nama Bregodo Brang Wetan dengan koordinator Gada Tri Kuncoro, S.Psi serta yang di Baturetno adalah Bregodo Al Jawi dipimpin oleh Gus Dedi.
Biasanya saat hari-hari tertentu Paguyuban mengadakan Gladen resmi dengan mengundang peserta dari wilayah Surakarta dan Yogyakarta, dan baru-baru ini Bregodo Brang Wetan mengadakan acara Gladen dengan peserta anggota paguyuban Se-Kab. Wonogiri di Lap. Bondalem Slogohimo pada hari Minggu, 26 Februari 2017. Sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat akan resminya olahraga jemparingan ini melalui akta Notaris : Firdaus, SH, MKn 32/18 April 2016 serta sebagai ajang koordinasi dan persiapan Gladen Besar yang akan mengundang seluruh peserta Se Jawa/DIY yang direncanakan pada akhir Maret 2017 nanti dalam rangka memperingati HUT KOREM Warastratama Surakarta yang ke 51 tahun serta Ambalwarso Paguyuban Jemparingan Samber Nyowo Wonogiren yang pertama.
Saat gladen di Kec. Slogohimo dihadiri pejabat Forkompincam Slogohimo, selain menjajal memanah tradisi, Camat Slogohimo dalam sambutannya sangat memberi apresiasi kegiatan positif yang dipadu seni budaya ini, serta meminta segenap pengurus untuk aktif mensosialisasikan olahraga warisan leluhur ini sebagai kegiatan positif generasi muda dengan bekerja sama dengan pihak sekolah, karang taruna, sehingga ke depan selain mengikis kegiatan yang tidak manfaat dan hura-hura, juga bisa menjadi cikal bakal prestasi panahan di even olahraga resmi.
Camat Slogohimo selain berminat ingin jadi peserta paguyuban dan siap berlatih di Sekretariat Bregodo Brang Wetan disasana Gladen Utara Toko Bimo, serta ada juga sasana lattihan dengan jarak standart 30 meter yang bisa dipakai berlatih setiap hari yaitu bertempat di Parkir Timur SMP 1 Jatipurno.

Kegiatan yang berlangsung meriah kemarin memang mampu menyedot perhatian warga masyarakat, serta mendapatkan dukungan dari beberapa sponsor diantaranya Toko Bimo, Naga Mas Motor, NBS Celuler, serta Coca Cola Cab. Slogohimo. Camat Slogohimo sendiri yang memberikan hadiah dana pembinaan bagi yang keluar sebagai juara Gladen Jemparingan . ( N 420 )




Related Post
comments powered by Disqus

Comment

Your email will not be displayed.