Digital Media Online Wonogiri

Bus AKAP Dobel Decker Dilarang Sampai ke Daerah

0 162
Bus Doble Dcker PO Putra Mulya saat di terminal Ngadirojo
Bus Doble Dcker PO Putra Mulya saat di terminal Ngadirojo

INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dilarang beroperasi sampai ke Terminal Tipe B (dikelolaProvinsi) dan Terminal Tipe C (dikelola Kabupaten) yang berada di wilayah kota Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

Termasuk bus dobel decker (bis tingkat) PO Putra Mulya. Dengan demikian, armada Bus AKAPhanya masuk/keluar dari Terminal Tipe A (dikelola pemerintah pusat). Di Wonogiri terminal tipe A yaitu Giri Adipura berada di wilayah Krisak Kecamatan Selogiri.

Maka bus AKAP tidak boleh mengangkut dan mengantarkan penumpang di terminal tipe B dan C. Tujuannya, penumpang dari luar kota (AKAP)ke kecamatan-kecamatan diangkut bus Antar Kota Dalam Provinsi, Angkutan Pedesaan, dan Angkutan Kota. Sehingga angkutan umum di Wonogiri hidup.

H. Ismiyanto Kepala Dishub Kab Wonogiri
H. Ismiyanto Kepala Dishub Kab Wonogiri

Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Wonogiri H. Ismiyanto SH.MHmenyatakan peraturan itu belaku sejak 2017 ini. Aturan tertuang dalam Keputusan Menteri (KM) nomor 35 tahun 2003. “Ini kesepakatan Organda, bis AKAP tidak boleh beroperasi sampai ke terminal Tipe C atau B,” kata H Ismiyanto.

Bagi Bus AKAP yang terlanjur sampai ke daerah, harus bisa menyesuaikan. Asal tahu, Terminal Tipe A Giri Adipura berada di Krisak Selogiri. Posisinya di sisi Utara Kota Kabupaten Wonogiri. Sedangkan terminal B, dan C berada di sisi timur dan selatannya.

Selama ini, bus AKAP trayek Wonogiri – Jakarta – Bandung beroperasi sampai keKecamatan-kecamatan. Misalnya ke Wuryantoro, Manyaran, Eromoko, Pracimantoro, Giritontro, Giriwoyo. Ke Ngadirojo, Nguntoronadi, Tirtomoyo, Baturetno dan sekitarnya. Ke timur Sidoharjo,Jatisrono, Slogohimo, Purwantoro dan sekitarnya.(baguss)

 

Leave A Reply