15 Kades Terpilih Dilantik

0 103
Pelantikan 15 Kades di  pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.
Pelantikan 15 Kades di pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Sebanyak 15 Kepala Desa terpilih pada Pilkades serentak 29 November lalu, dilantik Jumat (30/12) di pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Ke 15 Kades itu adalah Kades di 12 wilayah Kecamatan se Kabupaten Wonogiri. Pelantikan dipimpin Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan disaksikan Ketua DPRD Setyo Sukarno, Kapolres Wonogiri, AKBP Ronald Reflie Rumondor SIK MSi, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Basuki Sepriadi dan jajaran Forkopimda.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengingatkan tantangan para kepala desa terpilih kedepan sangatlah berat. Saat ini zaman sudah berbeda. Masyarakat semakin kritis. Dituntut transparans, akuntabel dan komitmen mengelola desa sesuai zamannya. Kepala desa kedepan harus totalitas melayani masyarakat.

“Sekarang sudah bukan zamannya jabatan diperlakukan eksklusif, bukan zamannya dikelola dengan arogansi, dan bukan zamannya managerial tanpa transparansi,” lanjut Bupati yang akrab dipanggil Mas Jekek ini.

Dengan lahirnya UU Desa UU No.6 Tahun 2012 Kades mendapat kewenangan besar sebagai subyek pembangunan untuk mengelola dana di atas Rp.1 Milyar. Dengan kenaikan dana desa tahun 2017 mendatang bisa diasumsikan Pemerintah Desa akan mengelola dana mencapai Rp. 1,6 Milyar. Maka harus memenuhi proporsionalitas “Jabatan Kades untuk mengabdi dan melayani, bukan untuk dilayani,” katanya. (B5IW)