Digital Media Online Wonogiri

Longsor di Purwoharjo Karangtengah

0 47

picsart_11-10-04-58-43

INFOWONOGIRI.COM-KARANGTENGAH-Bencana alam tanah longsor terjadi Rabu (9/11/16) di Desa Purwoharjo Kecamatan Karangtengah. Mengakibatkan jalan antar penduduk dusun terputus, dan mengakibatkan kerusakan fasilitas umum berupa lapangan desa setempat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, tim personil BPBD telah melakukan pengecekan. Diketahui penyebab terjadinya tanah longsor akibat tersumbatnya saluran pembuangan air yang melintas di bawah tanah lapangan.

Voulmenya kerusakan panjang 18 meter, lebar  15 meter dan tinggi 6 meter. Pengikisan longsoran melalui tahapan waktu lebih dari 5 hari. “Korban jiwa maupun korban luka nihil. Kerugian materi Rp.50 juta,” kata Bambang Haryanto.

Upaya yang dilakukan personil BPBD, adalah membersihkan saluran yang tersumbat. BPBD juga telah mendistribusikan karung banjiran untuk kebutuhan tanggul penahan aliran air. Dukungan logistic untuk kerja bakti dan tenaga juga sudah didistribusikan. Sedangkan kegiatan pemulihan kembali menunggu persiapan pemerintah desa setempat. (baguss)