Ini Dia Calon Kades Gambiranom Baturetno

0 153
Ir. Irianto.
Ir. Irianto

INFOWONOGIRI.COM-BATURETNO-Penampilanya tenang, tatapan matanya teduh, bicaranya kalem. Itulah kesan pertama ketika bertemu dengan Ir. Irianto.

Irianto alias Irin adalah Mantan Kepala Desa Gambiranom Kecamatan Baturetno. Irin bertempat tinggal di Dusun Dungrejo RT 01 RW 06. Pria kelahiran Wonogiri 28 Mei 1962 ini adalah Calon Kepala Desa Gambiranom 2016-2021.

Suami guru pegawai Negeri Sipil (PNS) SMPN 3 Baturetno Dra. Pujiastuti ini kembali mencalonkan sebagai Kades. Pilkades akan digelar Selasa (29/11/16) mendatang.

Sebagai orang yang pernah menjabat Kades selama 6 tahun, tentu Irin merasa cukup pengalaman melayani warganya yang berjumlah sekira 3.637 pemilih.

Karena itu, visi misinya-pun telah dirumuskan dengan tokoh warga masyarakat yang seiring dengan pihaknya. Yaitu Terwujudnya Pelayanan Prima, Maju, Aman, Adil, Sehat, dan Sejahtera.

Di bidang pembangunan fisik, Irin akan mengutamakan pembangunan sarana dan prasarana. Antara lain jalan utama Desa dan Dusun. Di Desa Gambiranom memiliki wilayah 12 Dusun. Sebagian jalan diantaranya telah dibangun. Namun masih ada sebagian sedikit yang belum dibangun.

Antara lain sebagian jalan di Dusun Sepat, Butuh, Rejosari, Gambiranom dan Driyorejo. Sebagian yang belum dibangun itu dikarenakan tempo waktunya telah habis. Karena itu sudah dianggarkan, maka enam tahun kedepan, diyakini akan terealisasi.

Menyinggung sedikit latar belakang Irin, dia adalah seorang bergelar insinyur. Pernah bekerja di Pupuk Kaltim. Kemudian pulang kampung berdikari berwiraswasta. “Saya bertani, berdagang kelontong dan sembako,” katanya.

Secara global, Irin mengaku mempunyai prinsip sederhana dalam melaksanakan pembangunan desa. Yaitu prgram blokgrand 10 persen dari APBN sudah dan akan dilaksanakan secara merata.

“Itu harus diselamatkan,” katanya. Selain itu, programnya sebagai Kades harus seiring dengan program Kecamatan/Kabupaten/Provinsi dan Pusat. Sehingga akan terjadi sinergi dalam melaksanakan pembangunan.

Karena itu, dulu saat menjabat Kades 6tahun, dan yang akan datang, dia akan menjalin kuat dengan pengambil kebijakan pejabat di atasnya, termasuk dengan wakil rakyat dan pejabat daerah.

“Saya kebetulan dekat dengan mas Tio (Setyo Sukarno Ketua DPRD) dan Mas Jekek (Bupati Wonogiri). Juga dengan mas Edi, wakil Bupati,” kata Irin. (baguss)