Digital Media Online Wonogiri

Desa Tenggar Kec.Nguntoronadi Penghasil Brem

1
Desa Tengger Kec.Nguntoronadi Penghasil Brem | Foto Ari

infowonogiri.com – NGUTORONADI – Kecamatan Nguntoronadi adalah sebuah kota kecil yang terletak disebelah tenggara Wonogiri yang sebagian wilayahnya masuk daerah genangan waduk Gajah Mungkur sehingga sebagian warganya harus ikut program bedol deso bertransmigrasi ke sitiung pulau Sumatera. Kecamatan Nguntoronadi terdiri dari 11 desa dan kelurahan dengan topografi perbukitan dan kebanyakan lahan pertaniannya adalah lahan tadah hujan.

Dusun Tenggar Desa Gebang merupakan salah satu desa di kecamatan Nguntoronadi terdapat Home Industri yang juga dijadikan sebagai mata pencaharian oleh sebagian masyarakat diantara profesi yang biasa dijalani dipedesaan yaitu sektor pertanian. Home industri tersebut adalah brem, makanan dengan rasa manis berwarna putih bersih dengan bahan dasar sari pati tape ketan.

Aris Sutopo adalah satu dari sekian banyak pembuat brem menuturkan bahwa kegiatan home industri ini sudah berjalan sejak lama dan keahlian ini diperolehnya secara turun temurun atau secara otodidak.

Bahan dasar pembuatan brem adalah ketan, 4kg ketan mentah akan mengasilkan kurang lebih 1,5 brem siap konsumsi dengan harga Rp. 30.000,-/kg. Sebagian produksi brem selain dipasarkan diwilayah wonogiri juga dipasarkan keluar daerah antara lain ke Sukoharjo, Solo maupun ke kota-kota lain sekitar Wonogiri. [ari@infowonogiri.com]

Leave A Reply

Your email address will not be published.