Digital Media Online Wonogiri

Keluarga Besar PDI Perjuangan Menggelar Tirakatan di Pracimantoro

0 7
Keluarga Besar PDI Perjuangan Menggelar Tirakatan di Pracimantoro   l   Foto : Heru
Keluarga Besar PDI Perjuangan Menggelar Tirakatan di Pracimantoro l Foto : Heru

Ir. Soekarno adalah cerdik cendikia yang berhasil menggiring bangsa pada pintu gerbang kemerdekaan, Beliau berhasil memerdekakan sebuah bangsa yang tengah beringsut untuk lepas dari cengkraman kolonialisme, lewat jargon Revolusi Beliau bergelora menyemangatkan massa dan rasa cinta yang dalam pada Negeri sehingga siap menjadi martir demi revolusi.

JASMERAH (Jangan Sesekali Melupakan Sejarah) pepatah ini yang seharusnya kita ingat terutamanya kita sebagai anak muda generasi tunas Bangsa, seperti halnya momen ini yaitu momen yang tepat untuk kita semua terutama warga Indonesia untuk menginggat sejarah perjuangan Ir. Soekarno (Bung Karno) selaku pencetus ide-ide Pancasila yang mana sampai sekarang sebagai dasar Hukum Negara di Negara kita Indonesia ini.

Semalam keluarga besar PDI Perjuangan bekerja sama dengan pemuda Ngudi luhur, Ngulu kidul menggelar malam tirakatan memperingati hari lahirnya Pancasila tanggal 1 juli yang bertempat di Balai Dusun Ngulu kidul kecamatan Pracimantoro yang dihadiri Muspika kecamatan, Kapolsek, Koramil, Kadus Se-Pracimatoro, serta warga masyarakat dan pemuda Pracimantoro. Acara tirakatan yang digelar mendapat acungan jempol sebab acara ini untuk menginggatkan para pemuda generasi bangsa untuk meneruskan perjuangan Bung Karno dan mengamalkan Pancasila yang di cetuskan oleh Ir.  Soekarno pula, malam itu Novri Rusmono selaku ketua penyelenggara juga sebagai anggota Dewan serta ketua pemuda Pracimantoro memberikan sajian berupa film dokumenter tentang sejarah dan pidato Ir Soekarno yang mana pada waktu itu memerdekaan Indonesia dalam melawan penjajah. Tujuan saya mengadakan acara ini agar kita sebagai warga negara indonesia Belajar kembali tentang nilai-nilai pancasia seperti halnya saat ini nilai-nilai pancasila yang di cutus oleh Ir .Soekarno mulai terkikis dan memprihatinkan tutur Novri Rusmono selaku ketua penyelenggara.

Sambutan demi sambutan yang berisi tentang nilai-nilai pancasila pun telah di berikan oleh panitia dan pemuka Masyarakat kemudian pemutaran film dokementer yang bertemakan perjuangan bangsa indonesia dan pidato Ir. Soekarno pun di putar sembari berputarnya film itu seakan-akan kita terbawa suasana zaman dahulu. Dengan adanya pemutaran film dokumenter tentang perjuangan ini semoga menjadikan contoh bagi daerah lain agar mau mengenang jasa pahlawan dan meneruskan perjuangannya tak hanya itu baik pejabat-pejabat negara maupun masyarakat Indonesia dapat mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila yang mulai terkikis ini. (heru@infowonogiri.com)

Leave A Reply