Digital Media Online Wonogiri

Penambang Emas Tradisional Di Randu Kuning

1 22

infowonogiri.com – SELOGIRI  – Salah satu kekayaan alam di Kabupaten Wonogiri adalah terdapat Tambang Emas terutama di daerah Geritan, Jendi , Kecamatan Selogiri. Tambang Emas tersebut tepatnya berada di Gunung Randu Kuning.

Hasil tambang meliputi Emas, Tembaga, Perak, Besi, dan kadang terdapat Uranium. Akan tetapi dari semua yang ada, hanya tambang emas yang dapat menghasilkan sebagai mata pencaharian. Oleh para penambang, hasilnya dijual ke pengepul emas. Per 100 ml dijual Rp.40.000  dan 1 gram emas Rp.400.000.

Di daerah tersebut, terdapat sekitar 100 lebih galian parit di Gunung Randu Kuning. Tambang emas disana menjadi mata pencaharian sekitar warga Jendi, Selogiri. Proses pencarian emas dengan cara tradisional. Yaitu penambang menggali tanah hingga menemukan tanah jenis parit, tanah jenis parit tersebut mengandung  Emas, Tembaga, Perak, Besi, dan kadang terdapat Uranium.

Setelah mendapat tanah parit tersebut lalu tanah parit di masukan ke mesin glundung dan dicampur air raksa kemudian digiling selama sekitar 7 jam, setelah itu diperas dan disaring. Dari sisa saringan itulah akan ditemukan atau muncul barang yang ditambang.[ ibnu@infowonogiri]

 

  1. koko says

    uraniumnya gan ane mau, buat reaktor nuklir…

Leave A Reply