Digital Media Online Wonogiri

Annisa Azzahra Harus Menjalani Kemoterapi 11 Pekan

0 19

infowonogiri.com-WONOGIRI-Salah satu tahapan yang harus dilalui penderita tumor mata Annisa Azzahra (2,5) adalah kemoterapi, pra operasi. “Mulai pekan ini harus kemoterapi selama 11 minggu,” kata Prayitno, ayah kandung Annisa, Minggu (4/3) melalui hubungan telepon, saat ini Annisa masih dirawat di RS dr Sardjito DI Yogyakarta.

Dijelaskan, kemoterapi adalah penyinaran (kemoterapi), yang bertujuan menyembuhkan dengan cara menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker (onkogen) pada tubuh pasien. Sistem kerjanya menyerang fase tertentu atau seluruh fase pada pembelahan mitosis pada sel-sel yang berkembang cepat.

Obat kemoterapi hampir tidak berdampak pada sel yang sedang dalam masa istirahat (tidak melakukan pembelahan), namun terkadang sel-sel rambut dan sel-sel yang sedang aktif membelah lainnya dapat terkena dampak obat ini, apabila siklus mitosisnya berada dalam target obat-obatan kemoterapi yang sedang digunakan.

Selain kemotarapi, Annisa juga harus menjalani transfusi darah sebanyak lima kantong. Rinciannya darah merah tiga kantung, dan darah putih dua kantung. Selama menjalani tranfusi darah dan kemotarapi tubuh Annisa menjadi panas. “Kemoterapinya dijalani setiap Jumat dan Sabtu, sekarang ini sedang kemoterapi yang pertama,” kata Prayitno.

Rencana operasi tomor mata Annisa baru akan dijalani jika kemotarapi dan kondisi tubuhnya stabil dan berjalan lancar. Paling tidak, terang Prayitno, jika tumor pada kedua matanya sudah benar-benar mengecil, dan virus tumornya sudah dapat dilokalisir atau tidak kemana mana lagi. “Rencana operasi belum dikasih tahu,” pungkasnya. (bagus@infowonogiri.com)

Leave A Reply