Selasa, 2 Juni 2015
NEWS TICKER
Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Heboh! Diduga Foto Bugil Kapolsek, Bikin Gempar Wonogiri »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Lakalantas Di Ngadirojo : 1 Orang Meninggal Dunia & 2 Orang Luka Berat »  Hebohnya Penggerebegan Adegan Pasangan Selingkuh Di Hutan Donoloyo »  Lagi Mesum, Pasangan Selingkuh Digrebek Warga »  Jemani Mulai Menggeliat Lagi »  Tak Kuat Jadi Wakil Rakyat, Anggota Fraksi PKS DPRD Wonogiri Pilih Mundur »  Libur Sekolah & Jelang Puasa Tiket Bus Jakarta Wonogiri Ludes » 
 
Home » Kuliner » Wooow Lumpia Durian Segar Puhpelem
KULINER

Wooow Lumpia Durian Segar Puhpelem

Rabu, 1 Februari 2012 - 263 Kunjungan
iklan

infowonogiri.com-WONOGIRI-Ini salah satu kuliner baru yang ada di Wonogiri. Nama panganan ini adalah Lumpia Durian Segar. Loh! Jangan terkejut dulu. Memang lumpia, nama penganan lama yang sudah tak asing lagi bagi lidah orang Indonesia.
Namun beda halnya dengan lumpia  asal Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Mau tahu, ini yang membuat beda Lumpia Puhpelem dengan Lumpia di tempat lain.
Lumpia puhpelem kulit luar (disebut lumpianya, yang hampir sama dengan lumpia lain) adalah terbuat dari bahan baku Wonocaf (Wonogiri Casafa), atau sejenis tepung yang terbuat dari sari bahan baku singkong yang telah difermentasi.

Sedangkan lumpia yang biasa saudara makan patut diduga terbuat dari tepung terigu! Iya kan? (Ngaku saja lah!) Nah apa lagi yang beda? Ini, bedanya lagi yang super beda. Kalau di tempat lain lumpia berisi sayur oseng atau sayur bumbu rujak, yang ini bukan.

Lumpia asal Kecamatan Puhpelem Wonogiri isinya durian segar. Asli segar. Mau tahu caranya memasak. Tanya saja sama orang Puhpelem. Inilah Tri Wahyuni perwakilan PKK Kecamatan Puhpelem.

Lumpia Durian Segar terbuat dari bahan baku durian segar dan wonocafe (asal kata monocafe). Cara siapkan bahannya yaitu tepung wonocafe, santan, garam, telur untuk membuat kulit lumpia.

Lalu untuk isinya siapkan durian segar. Durian segar harus dipilih yang pulen dan padat, (jangan sama ponggenya yah). Setelah durian segar siap secukupnya, bungkus durian ke dalam lumpia, lalu digoreng pada minyak yang telah mendidih. Mau tau rasanya??  Beli dooong..!! , (bisa juga loh pesen ke www.infowonogiri.com)

Itulah resep dari Tri Wahyuni peserta Lomba Mengolah Makanan Kudapan berbahan Wonocaf di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (31/1/12), dengan peserta dari perwakilan PKK 25 Kecamatan se-Wonogiri. Hasil pemenang lomba belum diketahui. (bagus@infowonogiri.com)

Related Post