Selasa, 2 Juni 2015
NEWS TICKER
Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Heboh! Diduga Foto Bugil Kapolsek, Bikin Gempar Wonogiri »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Lakalantas Di Ngadirojo : 1 Orang Meninggal Dunia & 2 Orang Luka Berat »  Hebohnya Penggerebegan Adegan Pasangan Selingkuh Di Hutan Donoloyo »  Lagi Mesum, Pasangan Selingkuh Digrebek Warga »  Jemani Mulai Menggeliat Lagi »  Tak Kuat Jadi Wakil Rakyat, Anggota Fraksi PKS DPRD Wonogiri Pilih Mundur »  Libur Sekolah & Jelang Puasa Tiket Bus Jakarta Wonogiri Ludes » 
 
Home » News » Potensi Wisata Tujuh Air Terjun Di Wonogiri
NEWS

Potensi Wisata Tujuh Air Terjun Di Wonogiri

Senin, 20 Februari 2012 - 853 Kunjungan
iklan

infowonogiri.com-SELOGIRI-Di Wonogiri ada banyak pontensi wisata air yang belum digarap pemerintah secara maksimal. Antara lain di Dusun Melati Desa Keloran, Kecamatan Selogiri. Di Dusun setempat tedapat tujuh air terjun yang berjarak hanya tujuh kilometer dari Pasar Krisak Selogiri. Ketujuh air terjun tersebut terletak di kawasan perbukitan dan lembah.  

Bahkan banyak anak-anak sekarang di wilayah Desa setempat yang belum mengetahui ada tujuh air terjun di Desanya. Yang mengetahui hanya orang tua, dan itupun jumlahnya terbatas, hanya beberapa orang, biasanya petani hutan. Padahal di musim penghujan ini, air terjun mengalir tampak indah, didukung hawa dingin dan hijaunya hutan.

Enam dari tujuh air terjun itu rata-rata memiliki ketinggian 13 meter. Satu diantaranya memiliki ketinggian hampir 30 meter. Berikut nama-nama ke tujuh Air Terjun sesuai urutan posisi dari bawah. Banyu Anjlok, Kedung Bandang, Kedung Bunder, Kedung Turuk, Jurang Gandil, Kali Tangan dan Kali Telu.

Dari ketujuh air terjun itu ada dua yang cukup unik. Yaitu Kedung Turuk dan Jurang Gandil. Air terjun Kedung Turuk bisa untuk memijat diri memanfaatkan aliran air. Sedangkan air terjun Jurang Gandil memiliki bentuk batu berundak-undak seperti tangga eskalator gedung sehingga air turun menyusur dinding bebatuan.

“Dinamai Kedung Turuk karena bentuk batu yang dialiri air seperti kelamin wanita. Tekanan air dari luncuran di batu itu pas untuk pijat,” kata Kepala Desa Keloran Maryanto pekan kemarin. “Bentuknya memang mirip,” tambahnya.

Letak Kedung Turuk tepat berada di atas Kedung Bunder. Dinding batu di sebelah kiri menjulang tinggi yang ditumbuhi pepohonan di atasnya. Baru di atas Kedung Turuk terletak Jurang Gandil. Marimin (40) menambahkan Jurang Gandil sangat jarang didatangi warga. Kalupun ada yang berkunjung hanya sampai di Kedung Turuk saja.

“Ga ada yang berani ke sini. Kadang ada suara orang memanggil tapi setelah dicari tidak ada. Kalau tidak penting tidak ada yang ke sini,” ujarnya. Di atas Jurang Gandil masih terdapat air terjun yang paling tinggi dan paling indah, yaitu Jurang Gandil, Kali Tangan dan Kali Telu. (bagus@infowonogiri.com)

Related Post