Pengeboran Emas Sudah Mencapai 13000 Meter di 47 Titik

3 44

infowonogiri.com-SELOGIRI-Pengeboran emas di Desa Jendi dan Keloran, Kecamatan Selogiri, Wonogiri oleh PT. Alexis Perdana Mineral telah mencapai kedalaman 13.000 meter pada 47 titik. Hal itu dikemukakan oleh Kepala Dinas PESDM, Arso Utoro didampingi Kabid Pertambangan, Patrem Joko Priyono.    

Kepala Dinsa PESDM melaporkan berdasarkan dari laporan tri wulan dari PT. Alexis kualitas kandungan emas yang didapatkan juga cukup bagus. “Berdasarkan laporan triwulanan dari PT. Alexis, pengeboran dilakukan pada 47 titik dengan total kedalaman mencapai 13.000 meter. Rata-rata per titik sedalam 276 meter,” katanya.

Dari pengeboran tersebut, beberapa titik menunjukkan kandungan emas yang cukup bagus. Salah satu titik pengeboran kandungan emasnya mencapai 3,9 gram dalam setiap satu ton tanah. Sedangkan titik lainnya bervariasi, antara 0,3 – 1,5 gram dalam satu ton tanah.

Karena itu, PESDM meminta agar PT. Alexis bersungguh-sungguh dalam berinvestasi. Antara lain, PESDM berharap PT. Alexis mempresentasikan laporan tahunan dan rencana ke depan yang dituangkan dalam Rencana Kegiatan Anggaran dan Belanja (RKAB).

Sehingga Pemkab dapat mengetahui rencana investasi yang akan dialokasikan pada 2012 ini. “RKAB itu untuk meyakinkan kesungguhan berinvestasi. Kabarnya, percepatan schedule (rencana) dan laporannya sudah dibahas PT. Alexis di Jakarta. Jika RKAB sudah jadi, maka akan diketahui berapa nilai investasi di tahun 2012,” terangnya.

Kewajiban menyetor laporan tahunan dan RKAB itu juga ditujukan kepada perusahaan pertambangan lain. Selain di Selogiri, ada beberapa perusahaan pertambangan yang beroperasi di Wonogiri. Antara lain PT. Bara Petro Sakti di Karangtengah yang bergerak di bidang tembaga dan galena, PT. Aneka Tambang Kecamatan Jatiroto (emas), serta Deni dan Koperasi Sri Rahayu di Kecamatan Tirtomoyo pertambangan rakyat. (bagus@infowonogiri.com)