Digital Media Online Wonogiri

Jika UU Desa Disahkan Perangkat Desa Harus Siap

0 8

infowonogiri.com-WONOGIRI–Bupati Wonogiri Danar Rahmanto meminta para Kepala Desa (Kades) di Wonogiri selalu meningkatkan kualitas diri. Kedepan, jika Rancangan Undang-undang Desa nanti disahkan oleh pemerintah pusat, maka para Kades sudah siap.
Saat ini RUU Desa pengajuan dan pembahasan masih dibahas oleh pemerintah pusat. Namun, bukan tidak mungkin jika RUU ini nantinya disahkan sebagai undang-undang, banyak Desa terutama perangkatnya yang tidak siap dengan hal itu.
Hal itu disampaikan Bupati Danar Rahmanto, Selasa (24/1) di pada acara pelantikn delapan Kades terpilih pada Pilkades serentak 11 Januari lalu. “Jika Undang-undang Desa disetujui maka konsekuensinya Desa mempunyai otonomi sendiri. Maka para Kades harus menyiapkan diri dan perangkatnya sebaik mungkin,” kata Bupati.
Para perangkat Desa segera meningkatkan kapasitas dan kapabilititas SDM melalui pendidikan dan latihan. Bupati juga meminta agar penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) sesuai aturan yang ada.
Sementara pelantikan delapan Kades digelar di pendopo Rumah Dinas Bupati. Adalah Tiyo (desa Semagar, Girimarto), Sutiyanto (Hargantoro, Tirtomoyo), Maryono (Selomarto, Giriwoyo), Sutarno (Jatirejo, Giritontro), Sukino (Pucanganom, Giritontro), Joko Suyanto (Slogohimo, Slogohimo), Sumantri (Soco, Slogohimo), serta Siti Zainatun (Kerjo Kidul, Ngadirojo).
Siti Zainatun merupakan Kades perempuan satu-satunya dalam pelantikan tersebut. Asal tahu, Pilkades di delapan Desa serentak digelar 11 Januari lalu di enam Kecamatan yang diikuti oleh 27 Balon Kades. (bagus@infowonogiri.cpm)

Leave A Reply