Digital Media Online Wonogiri

LIPI Tawarkan Bibit Jati Platinum Untuk Wonogiri

2 40

infowonogiri.com-WONOGIRI-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menawarkan tanaman bibit jati berusia pendek untuk rakyat Wonogiri. Tanaman bibit jati tersebut bisa dipanen pada usia enam tahun. Tanaman jati tersebut merupakan hasil ciptaan LIPI yang telah diberi nama “Jati Platinum” .

 

Penawaran tersebut disampaikan oleh Wakil Kepala LIPI Prof DR Endang Sukara didampingi timnya, di hadapan Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto, Sekda Drs Budiseno MM, Anggota Komisi D DPRD Propinsi Jawa Tengah Subandi PR Spd, Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri Sardi dan Sulardi, Sabtu (29/10) di Rumah Dinas Pendopo Kabupaten Wonogiri.

Endang menjelaskan, temuan tanaman jati platinum tersebut cocok sebagai tanaman kayu kayuan di tanah Wonogiri. “Bibit jati platinum ini diciptakan dengan metode rekayasa genetika. Jati ini berusia enam tahun sudah bisa dipanen, namun kualitasnya tidak kalah dengan jati yang berusia puluhan tahun,” kata Endang. Endang juga menawarkan hasil temuan bibit padi tahan kering yang cocok ditanam di lahan yang minim genangan air.

Mendapatkan tawaran dari LIPI, Bupati Danar menyambutnya dengan gembira. Menurut Bupati, kedua tawaran tanaman tersebut sangat cocok untuk diterapkan di wilayahnya. Dalam waktu dekat ini, Bupati Danar berjanji akan dating ke LIPI untuk mengetahui dua penawaran jenis tanaman itu ke LIPI. Kebetulan LIPI akan menggelar ekspo karya-karyanya di Jakarta 7 November mendatang. (bagus@infowonogiri.com)