Senin, 6 Juli 2015
NEWS TICKER
Walah….Video Saru Oknum Guru SD Ada Tiga Versi »  Foto Pelajar Pose Seronok Beredar di Slogohimo »  Beredar Video saru Oknum Guru SD Lemahbang Kismantoro »  Ternyata Oknum Polisi dan Guru SD Yang Tertangkap Basah Selingkuh Di Videokan »  Walah…Oknum Polisi dan Guru Tertangkap Basah Mesum Di Tepi Sungai »  Foto Seronok Pelajar Siswi SMP Beredar di Baturetno »  70 anak remaja Ikuti Sunatan Masal »  Nita dan Atun Dua Biduan Panggung Lintas AKAP »  Disiapkan 190 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Lebaran Tahun 2013 »  Bencana Alam : Tanah Longsor Di Kec.Giriwoyo »  Ojo Di Tiru, Guru PNS SMPN 1 Weru Tertangkap Setubuhi Muridnya »  Akhirnya Pasangan Mesum Di Hutan Jati Donoloyo Terungkap »  Foto Skandal ” Ah – Uh ” Penyanyi Campursari Beredar Di Slogohimo »  Heboh! Diduga Foto Bugil Kapolsek, Bikin Gempar Wonogiri »  Pabrik Jamu Mebutuhkan Ribuan Ton Empon Pertahun »  Lakalantas Di Ngadirojo : 1 Orang Meninggal Dunia & 2 Orang Luka Berat »  Hebohnya Penggerebegan Adegan Pasangan Selingkuh Di Hutan Donoloyo »  Lagi Mesum, Pasangan Selingkuh Digrebek Warga »  Jemani Mulai Menggeliat Lagi »  Tak Kuat Jadi Wakil Rakyat, Anggota Fraksi PKS DPRD Wonogiri Pilih Mundur » 
 
Home » Nasional » Pawonsari Sepakati Kerjasama Bidang Kesehatan dan Pendidikan
NASIONAL

Pawonsari Sepakati Kerjasama Bidang Kesehatan dan Pendidikan

Jumat, 30 September 2011 - 395 Kunjungan

infowonogiri.com-WONOGIRI-Tiga pemerintah daerah Kabupaten Pacitan, Wonogiri, Wonosari (Gunung Kidul) bersepakat untuk bekerja sama di bidang  kesehatan dan pendidikan. Kesepakatan ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Kepala Dinas Kesehatan (DK) dan dan Kepala Dinas Dendidikan tiga Kabupaten, Rabu (28/9) di aula Museum Kars Indonesia Pracimantoro, Wonogiri.

Kabupaten Pacitan diwakili oleh Wakil Prayitno, Bupati Wonogiri Danar Rahmanto, dan Bupati Gunung Kidul Badingah. Pertemuan tersebut juga untuk mengawali koordinasi antara daerah Pawonsari (Pacitan Wonogiri Wonosari). Di bidang Pendidikan, kepala Diknas Wonogiri Suparno mengemukakan, kerjasama yang dijali bersifat global, secara teknis akan ditindaklanjuti dalam waktu terpisah.

Paling tidak ada tiga hal agenda penting. Pertama penerimaan peserta didik. Karena banyak warga Pacitan dan Gunung Kidul yang bersekolah di Wonogiri. Dan, sebalikinya, warga Wonogiri yang bersekolah di Pacitan dan Gunungkidul. “Secara regulasi harus ada izin dari provinsi. Selama ini kita tidak perlu izin. Sekarang lebih kuat landasan hukumnya karena sudah ada kerjasama,” jelas Suparno.

Kedua, penanganan anak miskin usia sekolah. Penangananya disesuaikan dengan aturan di tiap kabupaten. Contoh, jumlah bantuan untuk siswa tidak mampu yang biasanya didasarkan pada kemampuan APBD setempat. “Satu hal yang belum dibicarakan. Mengenai pembatasan kuota anak sekolah usia SMP dan SMA yang saat ini dibatasi 10 persen dari daya tampung sekolah. Kuota anak SD tidak dibatasi,” bebernya. Ketiga, direncanakan dimasukkannya muatan lokal antar kabupaten. Meliputi seni budaya asli Kabupaten setempat.

Sementara kerjasama di bidang kesehatan menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri Widodo ditekankan pada penanggulangan penyakit menular. Saling tukar informasi sudah dilakukan sejak dulu, tapi dengan adanya perjanjian ini antar kabupaten bisa saling menegur. “Dulu tidak ada aturannya. Sekarang sudah ada dasar hukumnya antar wilayah. Soal tariff layanan Puskesmas disesuaikan kabupaten,” ujarnya.

Asal tahu, Wonogiri sisi selatan yakni Kecamatan Pracimantoro, Manyaran dan Eromoko berbatasan dengan Wonosari Gunung kidul. Di sisi timur Purwantoro Kismantoro, Giriwoyo, Giritontro, Paranggupito, Karantengah dan Batuwarno, Baturetno berbatasan dengan Pacitan ,” terangnya. (bagus@infowonogiri.com)

Related Post
comments powered by Disqus

Comment

Your email will not be displayed.